Serangan Udara Israel Targetkan Warga Pendemo di Gaza

Serangan Udara Israel Targetkan Warga Pendemo di Gaza

PALESTINA (Jurnalislam.com) – Seorang pria Palestina gugur dalam serangan udara penjajah Israel di Gaza timur, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Mahmoud al-Nabahin, 24 tahun, meninggal  sementara dua warga Palestina lainnya terluka, salah satunya berada dalam kondisi kritis.

Menurut media lokal, serangan hari Selasa (22/1/2019) tersebut dilakukan beberapa saat setelah seorang tentara Israel terluka akibat sebuah peluru menembus helmnya.

Militer zionis mengklaim peluru itu berasal dari pengunjuk rasa di dalam kantong yang dikepung.

Sebelumnya pada hari Selasa, tentara Israel mengatakan pihaknya menargetkan sebuah pos pengamatan milik Hamas – kelompok pejuang Islam yang mengendalikan Jalur Gaza – dengan alasan sebagai respons terhadap tembakan dari bagian utara kantong itu.

Gencatan senjata yang rapuh antara Hamas dan penjajah Israel, yang ditengahi oleh Mesir, telah membawa ketenangan relatif ke Jalur Gaza dalam beberapa pekan terakhir.

Baca juga: 

Kesepakatan itu dirancang untuk memulihkan ketenangan dan mengakhiri dua hari serangan udara Israel di Gaza yang dimulai setelah faksi-faksi Palestina menembakkan roket ke Israel sebagai pembalasan atas operasi penyamaran Israel yang menewaskan tujuh warga di Gaza.

Sedikitnya 14 warga Palestina gugur dan dua warga Yahudi Israel tewas dalam konflik dua hari itu.

Warga Palestina di Gaza telah melakukan protes di sepanjang pagar perbatasan dengan Israel setiap pekan sejak Maret tahun lalu, menyerukan hak mereka untuk kembali dan mengakhiri blokade 11 tahun Israel.

Pengepungan telah menghancurkan ekonomi lokal, sangat membatasi masuknya makanan, akses mendapatkan layanan dasar, dan pergerakan lebih dari dua juta orang yang tinggal di Gaza.

Sejak demonstrasi dimulai, sedikitnya 170 warga Palestina telah dibunuh oleh pasukan penjajah Israel, dengan 18.000 lainnya terluka, menurut kementerian kesehatan.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.