Responsive image

Serangan Bom Hantam Kuil Syiah di Herat, 30 Tewas dan 63 Terluka

Serangan Bom Hantam Kuil Syiah di Herat, 30 Tewas dan 63 Terluka

AFGHANISTAN (Jurnalislam.com) – Serangan martir di sebuah kuil Syiah yang penuh sesak di provinsi Herat, Afghanistan barat, telah menewaskan sedikitnya 30 pemuja dan melukai 63 lainnya, kata beberapa pejabat, Selasa (1/8/2017).

Lebih dari 60 orang diyakini telah terluka, banyak di antaranya dibawa ke rumah sakit utama di kota Herat, ibu kota provinsi tersebut.

Sebelumnya, juru bicara gubernur provinsi itu Jalani Farhad mengatakan kepada Al Jazeera bahwa korban tewas telah mencapai 50 orang.

Mehdi Hadid, seorang anggota parlemen dari Herat, yang pergi ke lokasi segera setelah ledakan terjadi mengatakan kepada the Associated Press bahwa ledakan tersebut merupakan salah satu pembantaian mengerikan. Dia memperkirakan sedikitnya 100 orang tewas dan terluka tersebar di seluruh kuil Jawadia.

“Sekitar pukul 8:00 malam (1530 GMT) malam, sebuah serangan dilakukan di sebuah kuil di distrik keamanan ketiga di kota Herat,” kata juru bicara kepolisian Herat Abdul Ahad Walizada kepada kantor berita AFP.

“Berdasarkan informasi awal kami, dua penyerang terlibat. Salah satu dari mereka mengenakan rompi martir, lalu meledakkan dirinya sendiri sementara yang kedua dipersenjatai dengan sebuah senapan. Mereka berdua tewas,” tambahnya.

Serangan tersebut terjadi sore hari saat kuil itu dipenuhi 300 pemuja.

Bagikan
Close X