Selama Operasi Militer, 29 Desa Juga Dibebaskan Turki dari Milisi Dukungan AS

Selama Operasi Militer, 29 Desa Juga Dibebaskan Turki dari Milisi Dukungan AS

AFRIN (Jurnalislam.com) – Angkatan Bersenjata Turki dan the Free Syrian Army (FSA) pada hari Ahad (18/3/2018) membebaskan 29 desa lainnya dan merebutnya dari milisi dukungan AS, YPG, selama Operation Olive Branch di wilayah Afrin barat laut Suriah.

Menurut koresponden Anadolu Agency di lapangan, desa-desa Haji Hasanli, Rahmanli, Hasan Dayrli, Dik Ubah, Saghir Ubasi, Syaikh Kulu, Anbarli, Daliyanli, Rutanli, Iki Akhur, Arab Ushaghi, Qatranli, Gulyan Atas dan Bawah, Barbant, Selo, Chorba Ubasi, Gobek, Oksuzlu, Guebek, Abraz, Samatek, Kodlaki, Kalilene, Açoni, Zivenko, Heselik, Beremci dan Kuzhayhil telah dibebaskan dari teroris YPG.

Armada Perang Turki Rebut Kota Afrin dari Pasukan Dukungan AS, PYD

Desa yang dibebaskan berada di dalam segitiga yang digambarkan oleh kota-kota Rajo, Bulbul dan Sharan.

Angkatan Bersenjata Turki dan FSA menguasai pusat kota Afrin pada awal Ahad sebagai bagian dari Operation Olive Branch, yang diluncurkan pada 20 Januari untuk membersihkan wilayah dari teroris YPG.

Pusat kota Afrin sekarang berada di bawah kendali penuh Turki dan FSA di wilayah utara, timur dan baratnya.

Pusat kota Mabatli juga dibebaskan dari teroris oleh tentara Turki.

Erdogan: Kami Berada di Afrin pada Hari Ini, Besok Kami Berada di Manbij

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah Timur Tengah serta untuk melindungi penduduk Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas wilayah Suriah, katanya.

Militer juga mengatakan bahwa hanya target teror yang dihancurkan dan bahwa “perhatian sepenuhnya” diambil untuk menghindari jatuhnya korban dari pihak warga sipil.

Bagikan
Close X