Sambut Mudik 2018, PUPR Buka Whatsapp Center

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Kepala Sub Direktorat Analisa Data dan Pengembangan Sistem Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Nazib Faisal menyatakan, dalam menyambut mudik 2018, PUPR membuka WhatsApp Center untuk kepentingan pemudik.

“Pemudik bisa menghubungi WhatsApp Center di 081283835757 kalau ada sesuatu yang terjadi di jalan,” katanya dalam diskusi dalam Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema “Mudik 2018 Guyub, Aman, dan Nyaman” di Ruang Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Dia menjelaskan, layanan WhatsApp Center terhubung dengan TMC Polri. “Intinya masyarakat itu adalah warga yang harus dilindungi.”

Selain whatsapp center, PUPR juga menyiapkan, 588 posko yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Di mana sebanyak sekitar seperempat di antaranya terdapat di Pulau Jawa, dengan perincian sebanyak 22 Jawa Barat, 23 di Jawa Tengah, 27 di Jawa Timur, dan juga di DIY.

“Di posko akan disiapkan operator alat berat, musala, tempat istirahat, dan juga dispenser. Selain itu, juga menyediakan fasilitas mobile pendukung. Terdiri dari 26 unit toilet (khususnya wanita), 30 mobil tinja, 4 toilet kabin di rest area. Semuanya tersebar mulai dari Cikampek, Cipali, Pemalang, hingga Solo,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Nazib menjelaskan, bagi pemudik juga disediakan 40 mobile reader, 50 top up tunai di rest area. Lalu, kata dia, setiap 20 Km ada parking bay, di rest area.

Nazib pun menyarankan untuk pemudik mengunduh aplikasi ‘Jalan Kita’. Aplikasi bisa diunduh di appstore dan playstore.

“Aplikasinya bisa langsung nyambung ke aplikasi waze dan gmap untuk mengetahui letak posko kami,” tuturnya.

Reporter: Gio

Bagikan