Rasulullah SAW: Hakim di Neraka dan Hakim di Surga

Rasulullah SAW: Hakim di Neraka dan Hakim di Surga

Jurnalislam.com – Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rosulullah SAW menjelaskan tiga tipe hakim.

عَنْ بُرَيْدَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْقُضَاةُ ثَلَاثَةٌ قَاضِيَانِ فِي النَّارِ وَقَاضٍ فِي الْجَنَّةِ رَجُلٌ قَضَى بِغَيْرِ الْحَقِّ فَعَلِمَ ذَاكَ فَذَاكَ فِي النَّارِ وَقَاضٍ لَا يَعْلَمُ فَأَهْلَكَ حُقُوقَ النَّاسِ فَهُوَ فِي النَّارِ وَقَاضٍ قَضَى بِالْحَقِّ فَذَلِكَ فِي الْجَنَّةِ

Dari Buraidah RA bahwa Nabi SAW bersabda, “Hakim itu ada tiga, dua di neraka dan satu di surga: 1) seseorang yang menghukumi secara tak benar padahal ia mengetahui mana yang benar, maka ia di neraka, 2) seorang hakim yang bodoh lalu menghancurkan hak-hak manusia, maka ia di neraka, dan 3) seorang hakim yang menghukumi dengan benar, maka ia masuk surga.” (HR. Tirmidzi No. 1244)

Rosululloh SAW membagi tipe hakim menjadi tiga:

  1. Seorang hakim yang mengerti kebenaran dan memutuskan sesuai dengan kebenaran tersebut maka dia termasuk hakim yang akan selamat dan masuk surga.
  2. Seorang hakim yang mengerti kebenaran, tetapi tidak memutuskan sesuai dengan kebenaran tersebut maka dia termasuk hakim yang akan masuk neraka.
  3. Seorang hakim yang tidak memenuhi kriteria sebagai hakim dan tidak mengetahui kebenaran Islam lalu dia memutuskan suatu perkara berdasarkan kebodohan tersebut maka dia termasuk hakim yang akan masuk neraka.

Setidaknya ada dua pelajaran penting dalam hadis ini, yaitu:

  1. Tanggung jawab hakim di dunia dan akhirat

Dalam hadis ini Rosululloh SAW menegaskan demikian besarnya tanggung jawab seorang hakim dalam memutuskan perkara yang dihadirkan di hadapannya. Bahkan tanggung jawab yang dia emban dalam keputusannya tersebut bernilai dunia dan akhirat. Apabila seorang hakim mampu memberikan keputusan hukum secara adil dengan mempertimbangkan nilai-nilai keadilan universal dan nilai-nilai kebenaran Islam maka dia bisa mendatangkan ketenteraman di tengah-tengah masyarakat dan balasannya adalah surga. Namun sebaliknya, bila keputusannya tersebut jauh dari nilai-nilai keadilan universal dan nilai-nilai kebenaran Islam maka dia telah menimpakan musibah dan kekacauan di tengah-tengah masyarakat luas. Tidak ada balasan yang layak kepada orang yang telah menimpakan musibah dan kesengsaraan di tengah-tengah masyarakat luas selain neraka. Oleh karena itulah Rosululloh SAW memberikan peringatan keras kepada para hakim agar mereka berlaku adil.

  1. Kehidupan akhirat lebih berhak diperjuangkan dibandingkan kenikmatan dunia yang akan hilang

Dalam hadis ini pun Rosululloh SAW menekankan kepada umatnya yang Alloh SWT takdirkan menjadi hakim di dunia ini agar lebih mementingkan kehidupan akhirat dibandingkan kehidupan dunia. Berapakah nilai kenikmatan dunia yang dia terima dengan memberikan keputusan yang tidak adil dibandingkan dengan siksa neraka yang demikian dahsyatnya? Walaupun dengan keputusannya yang tidak adil tersebut dia bisa meraup kekayaan seluruh dunia sehingga dia menjadi orang terkaya sedunia sekali pun, tetap tidak bisa dibandingkan dengan beratnya siksa neraka yang menunggunya. Sungguh, kenikmatan dunia itu hanya sesaat dan pasti akan berakhir, sementara kesengsaraan akhirat demikian berat dan mengerikan. Tidak ada yang bisa menyelematkannya dari hukuman walaupun dia hendak menebus siksanya dengan harta seluruh dunia. Oleh karena itu ambillah pelajaran wahai orang-orang yang berakal.

(Baca juga: Terbukti Menista Islam, Ahok Hanya Dituntut Hukuman Percobaan)

Keputusan hukum yang adil adalah harapan semua warga negara mana pun di dunia ini. Tidak ada seorang pun yang tidak menginginkannya kecuali orang yang zalim. Pertanyaannya, setelah “bola panas” kasus penistaan agama yang dilakukan oleh “manusia sakti” Ahok ini dilemparkan ke Majelis Hakim oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), mampukah Majelis Hakim terhormat menetapkan keputusan yang didasari oleh nilai-nilai keadilan dan kebenaran Islam sehingga mereka termasuk golongan hakim yang dijanjikan surga? Wait and see!

Bagikan
Close X