Rezim Assad Tidak Mampu Rebut Sejengkal Tanah Pun dari Faksi Jihad Ghouta Timur

Rezim Assad Tidak Mampu Rebut Sejengkal Tanah Pun dari Faksi Jihad Ghouta Timur

GHOUTA TIMUR (Jurnalislam.com) – Pada hari Ahad (25/2/2018), pasukan rezim Syiah Bashar al-Assad melancarkan serangan darat terhadap kelompok oposisi dari berbagai arah, berupaya untuk menembus wilayah kantong yang terkepung, yang berada di bawah kendali oposisi sejak 2013, lansir Aljazeera Senin (26/2/2018).

Dua faksi oposisi utama di Ghouta Timur adalah Jaish al-Islam dan Failaq al-Rahman. Hayat Tahrir al-Sham, aliansi faksi jihad Suriah, juga memiliki kehadiran di sana.

Zeina Khodr dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Beirut di negara tetangga Lebanon, mengatakan bahwa pemerintah belum dapat menguasai “bahkan satu sentimeter pun wilayah di Ghouta” sejak serangan darat dimulai.

Neraka di Bumi itu Bernama Ghouta Timur

Sedikitnya 16 orang telah terbunuh sejak Senin pagi di Douma Ghouta Timur, aktivis lokal Alaa al-Ahmed mengatakan kepada Al Jazeera dari daerah kantong tersebut.

Sehari sebelumnya, sedikitnya 27 orang warga di pinggiran kota Damaskus meninggal akibat gempuran pesawat tempur rezim Syiah Assad yang didukung agresor Rusia.

Pekan lalu, serangan udara mematikan dan tembakan artileri yang diluncurkan oleh pasukan Syiah Suriah dan sekutu mereka memperburuk krisis kemanusiaan yang mengerikan di daerah wilayah yang terkepung itu, yang menampung sekitar 400.000 orang.

Inilah Ghouta Timur, Wilayah Krisis Kemanusian Terburuk Abad 21 yang Masih Berlangsung (Infografik)

Korban serangan Rezim Syiah Assad di Ghouta Timur
Korban serangan Rezim Syiah Assad di Ghouta Timur
Bagikan
Close X