Ramadhan, Sinergi Foundation Ajak Profesional Tampil Beda dengan Zakat dan Sedekah

Ramadhan, Sinergi Foundation Ajak Profesional Tampil Beda dengan Zakat dan Sedekah

BANDUNG (Jurnalislam.com)–“Makin kaya, makin banyak memberi”, pameo yang tepat disematkan pada masyarakat muslim kelas menengah (middle class muslim) di Indonesia dewasa ini. Penulis Marketing to the Middle Class Moslem, Yuswohady, mengutip survei Inventure tahun 2013 yang menyatakan bahwa pengeluaran kelas menengah untuk zakat dan sedekah mencapai 5,4% dari total pengeluaran.

Menurutnya, potensi filantropi dari muslim kalangan menengah ini terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Apalagi, ini seiring dengan perkembangan ekonomi nasional yang ditopang oleh tumbuhnya kelas menengah muslim di Indonesia. Mereka bertransformasi menjadi ragam profesional: dokter, arsitek, hingga pengusaha muslim.

“Kenaikan zakat nasional tersebut merupakan suatu wujud nyata kesadaran kelas menengah muslim dalam mengadopsi nilai-nilai agama Islam ke dalam kehidupan nyata bermasyarakat,” kata Yuswohady.

Menangkap fenomena pertumbuhan kelas menengah tersebut, Sinergi Foundation sebagai lembaga sosial-pemberdayaan berbasis Zakat, Infak-Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) melihat inilah yang membedakan karakter seorang profesional muslim dengan profesional lainnya.

“Kampanye ‘Jadikan Zakat dan Sedekah Pembedamu’, adalah ikhtiar Sinergi Foundation di momentum Ramadhan kali ini, merangkul para profesional dan segenap insan peduli, untuk memaknai tema Ramadhan #BerbagiBersinergi sebagai sebuah energi untuk pencapaian hakiki secara vertikal maupun horizontal,” jelas CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia dalam rilis yang diterima Jurnalislam.com.

Melalui headline kampanye “Jadikan Zakat dan Sedekah Pembedamu”, yang dibingkai dalam tema #BerbagiBersinergi, sambung Ima, SF tak hendak menggurui/mengajari segenap kaum peduli.

“SF sebatas mencoba untuk terus mengajak umat Islam, untuk tak berhenti berbagi manfaat pada sesama. Sekecil apapun itu, maka nilainya sungguh berharga di mata mereka yang membutuhkan. Dan mudah-mudahan di mata Allahu Ta’ala, kelak. Aamiin,” tandas Ima.

Ia pun memohon doa sekaligus mengajak segenap insan peduli, untuk kembali menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan wakaf, di bulan istimewa ini. Sebuah bentuk dukungan yang diperlukan, demi keberlangsungan program-program SF yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat lemah.

Sinergi Foundation sendiri terus berupaya berinovasi di perlbagai bidang program, di antaranya pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan pengembangan kawasan sosial. Di Ramadhan kali ini, SF, sebagaimana tema yang diusung merilis alternatif paket program #Berbagi spesial Ramadhan dan paket #Bersinergi.

Paket #Berbagi antara lain: #Berbagi Buka Shaum (Food4Fasting), #Berbagi Sahur (Food4Sahur), #Berbagi Bingkisan Bergizi, #Berbagi Perlengkapan Sekolah (Gift4School), #Berbagi THR Petani Gurem.

Sedangkan Paket #Bersinergi, ditujukan untuk keberlangsungan program-program Sosial-Pemberdayaan SF yang dirancang jangka panjang, antara lain: Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC), Beasiswa Sosial Entrepreneurship Leader (B-SEL), Lumbung Desa (LD), Firdaus Memorial Park (FMP) dan program-program lainnya.

***

Kiprah Sinergi Foundation

Sinergi Foundation (Yayasan Semai Sinergi Umat) sendiri adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.

Meretas embrio kelembagaan sejak tahun 2002, yayasan Semai Sinergi Umat (SINERGI Foundation) secara formil disahkan dalam Akta Notaris Nomor 24, tanggal 17 Februari 2011, yang dibuat oleh Notaris Evi Hibridawaty, SH. Dan diputuskan oleh keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU – 5622.AH.01.05. Tahun 2011 tentang Perubahan Anggaran Dasar Yayasan Pasal 1 dan Pasal 5, yaitu Perubahan Nama menjadi Yayasan Semai Sinergi Umat atau SINERGI Foundation (SF).

Adapun jajajaran Dewan Pembina SF antara lain, Ketua: Prof. Dr. KH. Miftah Faridl (Ketua Umum MUI Kota Bandung cum Ketua Dewan Pertimbangan MUI Jabar), H. Rachmat Badruddin (Ketua Dewan Teh Indonesia), (alm) Ir. H. Achmad Noe’man (Maestro Arsitektur Masjid Indonesia), Drs. H. Erie Sudewo MDM (Social Entrepreneur, Tokoh Zakat Nasional), Dr KH Saiful Islam Mubarak (Pakar Ilmu Al Quran). Dewan Pengawas (Syariah): KH. Athian Ali M. Da’i Lc MA (Pakar Ilmu Syariah), Dr. H. Tata Fathurrahman (Akademisi), Drs. H. Teguh Kustiono (Auditor Profesional).

Beragam kreativitas program pemberdayaan yang inspiratif di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pembangunan sosial SF hadir menyentuh langsung masyarakat lapisan paling bawah di negeri ini. Program-program tersebut antara lain: Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Lumbung Desa (LD), Beasiswa Pemimpin Bangsa (Sinergi Scholarship), Firdaus Memorial Park (FMP), Sinergi Pelayanan Masyarakat, dan beberapa lainnya. Info lebih lanjut bisa klik di www.sinergifoundation.org.

Bagikan
Close X