Responsive image

PM Kanada: Tidak Ada Tempat untuk Assad di Suriah

PM Kanada: Tidak Ada Tempat untuk Assad di Suriah

PERANCIS (Jurnalisam.com) – Bashar al-Assad bukan bagian dari masa depan Suriah, Perdana Menteri Justin Trudeau, World Bulletin melaporkan Selasa (11/4/2017).

“Saya pikir perlu ditegaskan lagi bahwa masa depan menengah dan jangka panjang Suriah yang damai tidak lagi termasuk Bashar al-Assad,” katanya saat berkunjung ke Prancis untuk memperingati korban perang Kanada

“Kita harus bergerak secepat mungkin menuju perdamaian dan stabilitas di Suriah yang tidak melibatkan Assad”, kata Trudeau.

Pada hari Senin, Trudeau melangkah lebih jauh dan menyatakan bahwa Kanada siap meningkatkan sanksi terhadap Rusia atas dukungannya kepada rezim Suriah.

“Saya pikir Rusia perlu dibuat sadar akan tanggung jawabnya dalam tindakan berdarah pekan lalu oleh rezim Assad,” kata Trudeau.

Serangan senjata kimia rezim Nushairiyah Assad tersebut menewaskan sedikitnya 100 orang, menurut sumber-sumber Suriah.

Konflik Suriah sepanjang enam tahun telah menewaskan ratusan ribu orang dan mengungsikan jutaan lainnya.

Sebuah proses perdamaian yang dimediasi PBB di Jenewa telah menghasilkan beberapa ketetapan sejak 2012, namun Dewan Keamanan dibuat lumpuh oleh Rusia, yang merupakan anggota tetap, dengan melindungi rezim Syiah Suriah dari intervensi internasional.

 

Bagikan
Close X