Responsive image

PM Irak: Pembebasan Kota Mosul akan Diumumkan Beberapa Hari Lagi

PM Irak: Pembebasan Kota Mosul akan Diumumkan Beberapa Hari Lagi

IRAK (Jurnalislam.com) – Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan bahwa “pembebasan” kota Mosul dari kelompok Islamic State (IS) akan diumumkan dalam beberapa hari ini.

“Hanya beberapa hari lagi dan kami akan mengumumkan pembebasan total Mosul,” kata Abadi kepada wartawan pada hari Kamis (22/6/2017), menurut Sumaria TV yang berbasis di Baghdad, lansir Aljazeera.

Pengumuman tersebut disampaikan saat pasukan Irak melanjutkan perang melawan IS di benteng terakhir mereka di Mosul barat, kota tua di Mosul.

Rekaman yang diperoleh oleh kantor berita Associated Press menunjukkan pasukan Irak merangsek ke lingkungan Bab al-Beed di Kota Tua Mosul – benteng IS terakhir dalam pertempuran yang tampaknya merupakan pertempuran besar terakhir di Irak.

Kelompok bersenjata IS telah kehilangan sebagian besar wilayah mereka selama tiga tahun terakhir, dan Mosul adalah kota benteng terakhir mereka di Irak.

Para milisi kelompok tersebut diperkirakan untuk mempertahankan posisi terakhir mereka di Kota Tua – sebuah kota berpenduduk padat dengan lorong-lorong sempit dan berkelok-kelok.

Hingga 150.000 warga sipil diyakini terjebak di sana, dalam mana kondisi yang digambarkan oleh PBB sebagai sesuatu yang sangat menyedihkan.

Pertempuran memperebutkan Mosul telah berlangsung selama lebih dari delapan bulan.

Pada hari Rabu, pasukan IS meledakkan masjid Nuri saat pasukan Irak maju ke kompleks keagamaan kuno di kota utara yang diperangi tersebut.

Pejabat dari Irak dan koalisi mengatakan penghancuran situs tersebut merupakan tanda segera hilangnya IS dari Mosul, dengan Perdana Menteri Irak al-Abadi menyebutnya sebagai “deklarasi resmi kekalahan”.

Hilangnya menara abad ke-12 yang ikonik – salah satu monumen negara yang paling dikenal yang kadang disebut Menara Pisa Irak – membuat negara ini terguncang.

Bagikan
Close X