Pentagon akan Persenjatai Puluhan Ribu Pasukan Baru di Suriah, Ini Perinciannya

Pentagon akan Persenjatai Puluhan Ribu Pasukan Baru di Suriah, Ini Perinciannya

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Pentagon berusaha mempersenjatai 65.000 anggota “sebagai pasukan binaan AS” di Suriah, termasuk kelompok bersenjata PYD, sesuai dengan proposal anggaran tahun fiskal 2019-nya.

Dalam proposal yang diajukan ke Kongres AS untuk disetujui pada bulan Februari, Pentagon meminta $ 300 juta untuk mempersenjatai dan melengkapi mitranya di Suriah dalam perang Suriah.

$ 250 juta lainnya juga diminta untuk membangun “keamanan perbatasan” di Suriah.

Saudi Ajak Amerika Terjunkan Pasukan Darat ke Suriah untuk Koalisi Lebih Luas

Laporan lengkap 2019 Overseas Contingency Operations (OCO) meminta Counter-IS Train and Equip Fund (CTEF) – yang diperoleh oleh Anadolu Agency pada hari Senin (16/4/2018) menunjukkan kesediaan pemerintah AS untuk mempersenjatai dan melengkapi 30.000 pasukan dalam melakukan misi tempur yang sedang berlangsung di Lembah Sungai Eufrat Tengah, dan 35.000 “Pasukan Keamanan Internal” di daerah-daerah yang dibebaskan di seluruh negeri.

“Untuk mencapai tujuan militer AS, generasi kekuatan mitra di Suriah akan terdiri dari kekuatan lokal yang demografis representatif, tepat diperiksa, dilatih, dan dilengkapi untuk memastikan lingkungan yang aman dan mampu bertempur,” katanya dalam proposal anggaran.

Menurut proposal itu, Pentagon berencana untuk mengalokasikan $ 162.6 juta dari $ 300 juta untuk senjata, peralatan, dan kendaraan, $ 8 juta untuk dukungan kehidupan dasar yang menyediakan kebutuhan dasar kemanusiaan, $ 28 juta untuk biaya transportasi dan persiapan, dan $ 101,5 juta untuk dukungan operasional.

Pentagon Bantah Pernyataan Trump Tarik Pasukan Amerika dari Suriah

Di antara senjata yang sedang direncanakan untuk dikirim termasuk 25.000 senapan otomatis AK-47, 1.500 senapan mesin ringan, 500 senapan mesin berat, 400 peluncur roket RPG-7, 95 senapan sniper, 20 mortir 60mm, dan 60 mortir 120mm.

Bersama dengan total biaya $ 47 juta, Pentagon juga meminta tambahan $ 24 juta untuk amunisi senjata-senjata ini.

AS telah mendukung PYD, yang merupakan cabang Suriah dari organisasi teror PKK yang telah melancarkan operasi teror lebih dari 30 tahun terhadap negara Turki yang telah mengakibatkan puluhan ribu kematian.

Dukungan Amerika untuk kelompok teror tersebut telah lama mengusik Ankara karena Washington memandang SDF yang dipimpin PYD sebagai “mitra terpercaya” dalam pertempurannya dan terus memberikan senjata dan peralatan walaupun ditentang kuat oleh Turki.

Bagikan
Close X