Pemberontak Syiah Houthi Yaman Eksekusi Milisi Sekutunya

10 Agustus 2017
Pemberontak Syiah Houthi Yaman Eksekusi Milisi Sekutunya

YAMAN (Jurnalislam.com) – Seorang komandan militer di tentara Yaman mengungkapkan eksekusi yang terus berlanjut di dalam milisi Houthi dan menggulingkan kudeta Ali Saleh di Bayhan dan Usaylan, kubu terakhir di provinsi Shabwa di Yaman timur.

Anggota milisi pro Ali Abdullah Saleh masih dieksekusi oleh sekutu Houthi mereka, menurut seorang komandan tertinggi Yaman, lansir Al Arabiya News Channel, Rabu (9/8/2017).

Brigadir Ahmed Al Aqili, komandan batalyon tentara nasional Yaman di provinsi Shabwa mengatakan bahwa perbedaan tajam terjadi antara komandan Houthi dan personil militer pro Saleh di front Bayhan.

Ketidaksepakatan tersebut menyebabkan pembersihan di dalam barisan Garda Republik.

Aqili menegaskan bahwa milisi Syiah Houthi telah menyingkirkan empat loyalis Saleh di distrik Bayhan selama dua bulan terakhir. Dia mengatakan bahwa ketidaksepakatan berpusat pada petugas pro Saleh yang menolak mematuhi perintah yang diberikan oleh komandan Houthi.

Provinsi ini menyaksikan sebuah serangan berskala besar oleh tentara nasional, yang didukung oleh koalisi Arab pimpinan Arab Saudi.

Aqili mengatakan bahwa pemberontak Houthi menderita kerugian besar di Bayhan selama operasi baru-baru ini termasuk kehilangan beberapa komandan tertinggi.

Pasukan Yaman telah mengintensifkan operasi mereka untuk membebaskan Usaylan dan Bayhan dengan dukungan dari pasukan koalisi, yang merupakan markas milisi terakhir Houthi di provinsi timur Shabwa.

Penguasaan Bayhan akan memungkinkan tentara nasional untuk memblokir rute penting bagi milisi. Bayhan merupakan gerbang timur ke provinsi Marib, dan terletak kurang dari 50 km dari ladang minyak dan gas Jannat and Safer.