Peduli Warga Terdampak Limbah PT RUM, PDM Sukoharjo Gelar Pengobatan Gratis

Peduli Warga Terdampak Limbah PT RUM, PDM Sukoharjo Gelar Pengobatan Gratis

SUKOHARJO (Jurnalislam.com) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terdampak limbah bau dari PT Rayon Utama Makmur (RUM), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukoharjo mengadakan bakti sosial di MIM Kedungwinong, Nguter, Rabu (14/2/2018). Dalam kegiatannya, PDM Sukoharjo bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sukoharjo.

Baksi sosial ini berupa pengobatan gratis dan pembagian masker serta tabung oksigen kepada masyarakat dan beberapa sekolahan yang terkena dampak limbah bau.

“Kami juga membagikan 117 botol Oxycan dan 100 box masker kepada 18 sekolah dan masyarakat serta pemaparan gejala penyakit ISPA pada masyarakat,” kata Ketua PDM Sukoharjo Eko Pujiatmoko sebagaimana dilansir Sukoharjonews.com pada, Rabu (14/2/2018).

Layanan pengobatan gratis yang digelar PDM Sukoharjo tersebut, mendapat antusiasme yang tinggi dari warga. Poniyem, salah satu warga dari Dukuh Kedungwinong yang ikut melakukan pemeriksaan kesehatan itu menjelaskan, bahwa setiap bau limbah itu muncul, dirinya merasakan mual dan pusing.

“Baunya memang tidak setiap saat, tapi ada jam-jam tertentu. Saat bau itulah kepala pusing dan mual. Karena ada pengobatan gratis, saya ikut datang untuk periksa,” katanya.

Senada dengan Poniyem, Tukiman (66) asal Dukuh Krebet menceritakan perihal limbah bau itu, menurutnya, saat dinihari, bau mirip septic tank tersebut sangat menyengat dan membuatnya ingin muntah.

”Saya kalau pas mau makan ada bau itu sama sekali tidak nyaman,” paparnya.

Selain menggelar pengobatan gratis, PDM Sukoharjo juga melakukan layanan psikososial dari TK Imam Syuhodo untuk tiga sekolah. Masing-masing BA Aisyiah Kedungwinong, RA Nur Salam Juron, RA At Taqwa Pengkol.

Bagikan
Close X