Pakistan: Lagi Konvoi Kampanye Pemilu Dihantam Bom, Kandidat Partai Tewas

Pakistan: Lagi Konvoi Kampanye Pemilu Dihantam Bom, Kandidat Partai Tewas

ISLAMABAD (Jurnalislam.com) – Ledakan martir pada hari Ahad (22/7/2018) menargetkan konvoi kampanye pemilihan di provinsi barat laut Khyber Pakhunkhwa, menewaskan seorang kandidat dan sopirnya, dan melukai lima lainnya.

“Seorang pembom martir meledakkan dirinya di dekat kendaraan Ikramullah Gandapur di daerah Looni Darbar di distrik Dera Ismail Khan, ketika dia dalam perjalanan untuk pemilihan umum di daerah itu,” kata Zahoor Afridi, petugas polisi distrik, kepada Anadolu Agency.

Sopir kandidat tewas di tempat sementara Gandapur menyerah pada luka-lukanya di rumah sakit, Afridi menambahkan.

Gandapur, seorang mantan menteri yang juga merupakan kandidat dari partai politik sayap kanan Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) yang berubah menjadi politisi Imran Khan, ikut dalam pemilihan kursi majelis provinsi dalam pemilihan umum tanggal 25 Juli.

Korban Tewas Serangan Bom Kampanye di Pakistan Meningkat Hingga 149 Orang

Israrullah Khan Gandapur, adik laki-laki Gandapur dan mantan menteri hukum di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, juga tewas dalam serangan martir pada 2013.

Juga pada hari Ahad, Akram Khan Durrani, mantan kepala menteri Khyber Pakhtunkhwa dan seorang pemimpin kunci dari aliansi agama lima partai Muttahida Majlis-e-Amal, lolos dari upaya pembunuhan di distrik Bannu.

Menurut polisi, orang-orang bersenjata yang tidak dikenal melepaskan tembakan ke kendaraan Durrani di daerah Mandio, Bannu, ketika dia sedang dalam perjalanan untuk menghadiri pertemuan umum.

Ini adalah serangan kedua terhadap Durrani dalam dua pekan terakhir.

Pada 13 Juli, gerilyawan menargetkan konvoinya dengan sepeda motor yang sarat ledakan, menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai 30 lainnya di Bannu.

Durrani menentang pemilihan Khan di Bannu.

Dua puluh orang terluka dalam serangan granat ketika penyerang tak dikenal menargetkan kantor pemilihan Balochistan Awami Party (BAP) di Quetta, ibukota provinsi barat daya Balochistan, penyiar Express News melaporkan.

Pasukan keamanan menutup daerah itu dan meluncurkan operasi pencarian setelah insiden itu.

Mereka yang terluka dipindahkan ke rumah sakit.

Ini adalah serangan kedua pada BAP dalam 10 hari terakhir.

Serangan granat terpisah di kantor pemilihan PTI di distrik Waziristan Utara menyebabkan 10 orang cedera.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan hari Ahad tersebut.

Bagikan
Close X