Pakistan dan AS Sepakat Majukan Proses Perdamaian Afghanistan – Taliban

Pakistan dan AS Sepakat Majukan Proses Perdamaian Afghanistan – Taliban

ISLAMABAD (Jurnalislam.com) – Pakistan dan AS pada hari Ahad (20/1/2019) menegaskan kembali komitmen mereka untuk memajukan proses perdamaian yang sedang berlangsung di Afghanistan, kata Kedutaan Besar AS di ibukota Islamabad.

Menurut pernyataan kedutaan, pengesahan itu terjadi selama pertemuan kunjungan utusan khusus AS untuk rekonsiliasi Afghanistan Zalmay Khalilzad dengan Perdana Menteri Imran Khan, Menteri Luar Negeri Shah Mahmood Qureshi, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Qamar Javed Bajwa, dan para pejabat tinggi lainnya.

“Selama konsultasi, kedua belah pihak menegaskan kembali komitmen mereka untuk memajukan proses perdamaian Afghanistan,” kata pernyataan itu

Khalilzad juga menyoroti bahwa semua negara di kawasan itu akan mendapat manfaat dari perdamaian di Afghanistan.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, Khan menegaskan kembali komitmen pemerintahnya untuk terus bekerja dengan AS dan pemangku kepentingan regional lainnya guna menemukan penyelesaian politik di Afghanistan.

Khan menggarisbawahi perlunya normalisasi hubungan dengan semua negara tetangga untuk melepaskan potensi kerja sama regional.

Baca juga: 

Berbicara dengan mengunjungi Senator Republik AS Lindsey Graham, yang memanggil Khan sore ini di Islamabad setelah mengunjungi Turki, Khan mengatakan negaranya selalu mendukung semua upaya untuk membawa perdamaian abadi ke Afghanistan.

Delegasi AS yang dipimpin oleh Jenderal Joseph L. Votel, komandan CENTCOM AS, juga bertemu dengan Panglima Angkatan Darat Pakistan Jenderal Qamar Javed Bajwa di markas tentara di Rawalpindi.

Menurut Hubungan Masyarakat Antar-Layanan (Inter-Services Public Relation-ISPR), pertemuan itu membahas sayap media tentara Pakistan, lingkungan geo-strategis, keamanan regional, dan perdamaian dan rekonsiliasi Afghanistan.

Bajwa menegaskan kembali bahwa perdamaian di Afghanistan sangat penting untuk perdamaian regional, dan bahwa meskipun ada kendala, Pakistan telah berkontribusi pada semua upaya untuk perdamaian regional dan akan terus melakukannya.

Jenderal AS yang berkunjung itu memuji upaya Angkatan Darat Pakistan untuk perdamaian dan stabilitas regional.

Utusan AS Khalilzad telah berada di Islamabad sejak 17 Januari untuk memecahkan kebuntuan yang melanda proses perdamaian Afghanistan.

Pakistan telah meyakinkan utusan AS bahwa mereka dapat meyakinkan Taliban ikut memecahkan kebuntuan, tetapi Taliban Afghanistan tetap enggan bertemu dengan para pejabat AS di Pakistan guna menghindari tekanan untuk menerima pemerintah Afghanistan dalam proses perdamaian demi mengakhiri konflik 17 tahun.

Bagikan

One thought on “Pakistan dan AS Sepakat Majukan Proses Perdamaian Afghanistan – Taliban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X