Obama akan Gunakan Hak Veto untuk Tuntut Arab Saudi pada Peristiwa 9/11

Obama akan Gunakan Hak Veto untuk Tuntut Arab Saudi pada Peristiwa 9/11

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Barack Obama pada hari Jumat (23/09/2016) akan menggunakan hak veto memberlakukan undang-undang yang memungkinkan korban 9/11 menuntut Arab Saudi, mempertaruhkan kemarahan publik dan yang pertama kalinya mengabaikan (override) kongres kepresidenannya.

Al Arabiya News Channel melaporkan, Jumat, Gedung Putih menegaskan pada hari Kamis bahwa Obama akan memveto undang-undang – yang dengan suara bulat disahkan oleh Kongres – yang memungkinkan keluarga korban serangan 9/11 untuk memulai gugatan perdata terhadap Riyadh.

us-school-shooting-obama-ap“Kami percaya ini adalah RUU yang buruk,” kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest. “Ini sebabnya presiden akan memveto undang-undang itu.”

Gedung Putih berpendapat undang-undang tersebut akan merusak kekebalan berdaulat dan berpotensi mengekspos para pejabat AS dan anggota layanan untuk litigasi (menjalani proses pengadilan).

Obama sejauh ini telah mengeluarkan 11 veto dalam kepresidenannya, tidak ada satupun yang mengumpulkan dua pertiga suara oposisi yang diperlukan untuk override.

Bagikan
Close X