Moskow: Hak Veto AS Tunjukan Sikap Bertentangan dengan Dunia

Moskow: Hak Veto AS Tunjukan Sikap Bertentangan dengan Dunia

MOSKOW (Jurnalislam.com) – Rusia pada hari Selasa (19/12/2017) menyesalkan hak veto AS atas resolusi PBB mengenai Yerusalem, mengatakan bahwa Washington menentang kehendak masyarakat internasional.

“Sangat disesalkan bahwa AS, sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan mengklaim dirinya sebagai mediator kunci dalam konflik Palestina-Israel, malah menunjukkan pendekatan yang bertentangan dengan kemauan masyarakat internasional.

“Ini melemahkan dasar hukum internasional untuk penyelesaian Timur Tengah,” kata Menteri Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, lansir Anadolu Agency.

AS Memveto Resolusi DK PBB, Tetap Akui Yerusalem Ibukota Israel

Pernyataan tersebut dikeluarkan sehari setelah AS memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menolak pembentukan fasilitas diplomatik AS di kota Yerusalem yang diperebutkan.

Hampir dua pekan yang lalu, Washington mengakui kota suci tersebut sebagai ibu kota Israel dan memulai proses untuk memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Empat belas anggota dewan memilih untuk mendukung resolusi yang disponsori Mesir yang menuntut agar Presiden AS Donald Trump menarik kembali keputusan tersebut.

Bagikan
Close X