Moms, Begini Mengatasi Demam Anak Ala Rasul

Moms, Begini Mengatasi Demam Anak Ala Rasul

JURNALISLAM.COM – Musim hujan masih terjadi, meski tahun baru saja berganti. Anak-anak biasanya sering terkena demam, baik disebabkan karena anak sedang dalam kondisi kelelahan ataupun disebabkan oleh daya tahan tubuhnya yang sedang kurang baik.

Bagi seorang ibu baru atau bahkan yang telah dikaruniai beberapa orang anak pun, kekhawatiran menghadapi anak yang demam masih saja ada.

Bagaimana agar mengatasi kekhawatiran yang berlebihan saat anak demam? salah satunya adalah dengan mencari tahu pengetahuan terkait demam anak.

Demam bukanlah suatu hal buruk yang terjadi pada tubuh kita, karena menurut laporan yang ditulis di Harvard Health Publication, demam menandakan tubuh sedang bekerja melawan infeksi.

Dr. Mirriam Stoppard, anggota Royal College of Physicians London dalam websitenya Miriam Stoppard.com mengatakan, meski demam adalah sebuah tanda yang baik untuk mengetahui kondisi kesehatan tertentu, jangan sampai suhunya meningkat terlalu tinggi.

Apalagi bagi anak-anak, suhu yang tinggi akan menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi.

“Pada bayi dan balita, demam dengan suhu tinggi menimbulkan risiko kejang,” ujarnya.

Moms, demam itu sendiri disebabkan oleh infeksi, seperti flu, pneumonia, keracunan makanan, dan infeksi saluran pencernaan.

Penting untuk mengetahui cara mengatasi demam.

Demam juga bisa disebabkan kondisi lainnya dari penyakit yang menyebabkan peradangan, misalnya rheumatoid arthritis, reaksi obat atau vaksin, dan bahkan jenis kanker tertentu.

Cara Rasul Obati Demam

Tidak sedikit orang yang kini berusaha menghindari obat-obatan kimia saat mereka sakit. Mereka beralih kepada herbal yang diyakini lebih aman dalam jangka panjang.

Madu, habbatusauda dan minyak zaitun bisa menjadi alternative pengganti obat yang sangat dianjurkan.

“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, didalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia” (QS. An-Nahl-69).

“Sungguh dalam Habbatu sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali kematian” (HR.Bukhari).

“Konsumsilah minyak Zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak Zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Merutinkan mengkonsumsi madu tanpa menunggu sakit, sangat baik untuk anak-anak.

Moms, bila anak sedang demam tinggi, hindari membangunkan anak untuk mengecek suhu tubuhnya dengan termometer. Tidur lebih penting baginya agar demamnya cepat turun.

Rasulullah baginda yang pada dirinya terdapat suri tauladan segala aspek kehidupan, mencontohkan bagaimana beliau mengatasi penyakit demam.

“Sesungguhnya demam panas itu datang dari percikan api neraka, dinginkanlah ia dengan air” (Bukhari dan Muslim).

Dalam kitab Al-Musnad dan kitab-kitab lain dari hadist oleh Hassan dari Samurah, Nabi Saw bersabda:

“Demam adalah satu bagian dari api. Hilangkan ia dengan air.”

Nabi pun jika terserang demam, beliau meminta air dan menuangkannya diatas kepalanya.

Bahkan ada cerita menarik terkait demam yang diceritakan oleh Abu Hurairah, yakni telah terjadi perbincangan tentang demam dihadapan Rasulullah, lalu ada orang yang mencelanya, kemudian Rasulullah berkata: “Janganlah Anda mencela demam, sebab demam mampu membersihkan dosa seperti api membersihkan kotoran besi.”

Menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah, menyembuhkan penyakit demam dapat dilakukan dengan 2 langkah, yaitu: Dengan di kompres dengan batu es dan minum air yang banyak untuk membantu organ tubuh terutama ginjal dalam melakukan tugasnya.

Dari pengetahuan yang cukup, semoga dapat mengurangi.

Nah, jangan panik ibu-ibu jika anak demam, mengikuti langkah-langkah yang telah dicontohkan Rasulullah semoga membawa kesehatan yang berkah bagi anak-anak.

Sumber:
Media-unik01.blogspot.com
AkuIslam.id
Muslimah.or.id
HelloSehat.com

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.