MINA Gelar Festival Muharram Tentang Al Qur’an dan Pandemi

MINA Gelar Festival Muharram Tentang Al Qur’an dan Pandemi

JAKARTA(Juranlislam.com)–Dalam rangka Bulan Muharram yang mulia, Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency) menggelar acara Festival Muharam MINA 1443 H dengan rangkaian beberapa program yang digelar secara hybird (luring dan virtual) pada Sabtu 28 Agustus 2021.

Dalam pelaksanaannya nanti akan diberlakukan protokol kesehatan yang ketat dan jumlah peserta yang terbatas, khususnya mereka yang hadir secara luring.

Festival Muharram MINA 1443 H/2021 M akan menampilkan beberapa program antara lain adalah Penghargaan Muhyiddin Hamidy 1443 H/2021 M untuk Penulis Paling Produktif dan Inspiratif.

Kegiatan yang juga disiarkan langsung dari kanal youtube MinanewsTV merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap pencapaian-pencapaian karya terbaik yang diterbitkan di Kantor Berita MINA, yang merupakan kantor berita umum berlandaskan nilai-nilai Islam terbit dalam tiga Bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris).

Penghargaan tersebut merupakan ajang memotivasi para wartawan/tokoh/penulis/kolumnis untuk lebih banyak lagi berkarya dengan tulisan.

Nama Penghargaan Muhyiddin Hamidy sendiri diambil dari nama salah seorang pendiri, pemimpin umum/pemimpin redaksi pertama Kantor Berita MINA, H. Muhyiddin Hamidy (1933-2014).

Berkiprah menjadi seorang wartawan sejak belia, menjadikan Muhyiddin Hamidy dikenal sebagai tokoh pers.

Mulai dari majalah Merah Putih, Harian Pemuda, Kantor Berita Arabian Press Broad (APB), memimpin harian Aman Makmur di Padang, kemudian ditugaskan di Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA selama 40 tahun.

Jabatan paling lama yang dipercayakan kepadanya adalah sebagai Sekretaris Lembaga, orang kedua di kantor berita nasional itu.

Pada tahun 1970-1973 Muhyiddin Hamidy dipercaya menjadi Ketua PWI Pusat, tahun selanjutnya 1973-1978 menjadi wakil ketua dewan pelaksana Bidang Organisasi dan Kesejahteraan PWI Pusat, hingga seterusnya, ia mendapat jabatan penting dalam dewan pers dan SPS.

Penghargaan Muhyiddin Hamidy rencananya akan diselenggarakan setiap tahun, tepatnya di bulan Muharram.

Program berikutnya adalah peluncuran buku “Mutiara Al-Qur’an untuk Kesehatan”. Buku ini merupakan karya terbaru KH.Drs. Yakhsyallah Mansur, MA dari sekian buku yang telah ia tulis.

Dalam acara tahunan itu, Pemimpin Redaksi Harian Republika Irfan Junaidi akan menyampaikan testimoni soal Penghargaan Muhyiddin Hamidy Award dan peluncuran buku tersebut.

Selain itu digelar juga program Webinar Internasional dengan tema “Solusi Al-Quran pada Masa Pandemi dan Krisis Kesehatan”.

Program tersebut akan menampilkan beberapa pembicara, yaitu KH. Drs. Yakhsyallah Mansur, MA (Pimpinan Jaringan Pondok Pesantren Al-Fatah Indonesia), Aat Surya Syafaat (Wartawan Senior, Pemimpin Redaksi LKBN ANTARA 2016-2017), Dr. H. Hayu S. Prabowo (Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga & Hubungan Luar Negeri, DMI) dan drg. Yohanes Hutasoit, Sp. RKG (dr Yahya), Dokter Radiologi Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung.

Sedangkan yang bertindak sebagai moderator adalah Rifa Berliana Arifin, LC, Kepala Redaksi Bahasa Arab Kantor Berita MINA.

Dalam rangka memberikan semangat positif dan berbagi di masa pandemi dengan mengambil keutamaan di bulan Muharram, Kantor Berita MINA juga akan menyerahkan donasi santunan bagi anak-anak yatim secara simbolis.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X