Responsive image

Miliaran Muslim di Dunia Rayakan Idul Adha

Miliaran Muslim di Dunia Rayakan Idul Adha

JURNALISLAM.COM – Miliaran Muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha saat sekitar dua juta jamaah melaksanakan ibadah terakhir haji tahunan di Arab Saudi.

Jutaan jamaah Muslim pada hari Jumat (1/9/2017) berjalan menuju kompleks bertingkat besar di Mina setelah subuh untuk melemparkan kerikil (jumrah) di tiga kolom besar sebagai symbol Iblis.

Di sini umat Islam percaya bahwa iblis mencoba untuk berbicara dengan Nabi Ibrahim AS agar tidak tunduk kepada kehendak Allah.

Umat ​​Islam percaya bahwa iman Ibrahim AS diuji saat Allah memerintahkannya untuk mengorbankan anak tunggalnya Ismail. Ibrahim siap untuk tunduk pada perintah tersebut, tapi kemudian Allah menukar anaknya dengan domba untuk diqurbankan.

Hari-hari terakhir haji bertepatan dengan hari raya Idul Adha, atau “Hari Raya Qurban”, untuk memperingati ujian iman Ibrahim. Di hari raya tersebut, umat Islam menyembelih hewan ternak dan membagikan dagingnya kepada orang miskin khususnya.

Di tiga hari terakhir haji, jamaah haji bermalam di sebuah lembah tenda besar yang disebut Mina dan selama tiga hari ambil bagian dalam sebuah ibadah simbolis merajam iblis.

Sebagian besar jamaah akan tinggal di Mina sampai Senin lalu menyelesaikan ibadah haji.

Mereka kemudian akan mengelilingi Ka’bah yang berbentuk kubus di Mekkah, situs Islam paling suci, sebelum pulang.

Ka’bah mewakili rumah metaforis Allah dan keesaan Allah dalam Islam. Umat Islam yang taat di seluruh dunia menghadap ke Ka’bah selama lima kali sholat setiap hari sebagai kiblat.

Ibadah Haji lima hari adalah serangkaian ritual untuk membersihkan jiwa dari dosa dan menanamkan rasa kesetaraan dan persaudaraan di kalangan umat Islam.

Ibadah Haji adalah kewajiban semua umat Islam yang dilakukan sekali dalam seumur hidup.

Selama tiga hari terakhir haji, jamaah pria mencukur kepala mereka dan melepaskan pakaian ihrom putih yang dikenakan selama haji. Wanita memotong seikat kecil rambut mereka sebagai tanda kelahiran kembali dan pembaharuan spiritual.

Namun, ada beberapa kekecewaan di kalangan penduduk Qatar, yang menanggung beban krisis diplomatik di Teluk.

Arab Saudi adalah salah satu negara yang memblokade Doha melalui darat dan udara, dan melarang calon jamaah untuk bepergian. Laporan mengatakan hanya beberapa lusin penduduk Qatar yang bisa melakukan ibadah haji tahun ini.

Ada lebih dari satu miliar Muslim di seluruh dunia.

Banyak yang menggunakan kesempatan Idul Adha untuk mengingat orang-orang yang menderita dalam konflik di seluruh dunia, dari Yaman dan Suriah hingga Irak dan Myanmar untuk turut peduli dan membantu.

Beberapa merayakan Idul Adha pada hari Sabtu, termasuk banyak umat Islam di Pakistan.

Bagikan
Close X