Responsive image

Menlu Saudi Tiba di Irak Lakukan Pertemuan Dadakan, Ada Apa?

Menlu Saudi Tiba di Irak Lakukan Pertemuan Dadakan, Ada Apa?

BAGHDAD (Jurnalislam) – Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir tiba di Baghdad, Irak pada hari Sabtu (25/02/2017) dalam kunjungan tak terjadwal, menurut seorang pejabat Irak, lansir Anadolu Agency.

Al-Jubeir memimpin delegasi resmi untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Irak, kata pejabat Kementerian Luar Negeri pada kondisi anonimitas karena pembatasan berbicara kepada media.

Ini adalah kunjungan pertama seorang menteri luar negeri Saudi ke ibukota Irak tersebut sejak invasi yang dipimpin AS ke Irak pada tahun 2003.

Ketegangan telah merusak hubungan Saudi-Irak dalam beberapa bulan terakhir sejak duta besar Saudi Thamer al-Sabhan melaporkan milisi Syiah yang berafiliasi dengan Iran berencana untuk membunuhnya. Sebagai balasan, Baghdad menuntut Riyadh untuk mengganti diplomatnya.

Al-Jubeir sendiri menyampaikan milisi Syiah Hashd al-Shaabi – mitra utama tentara Irak dalam pertempuran melawan IS – menjadi kekuatan proxy untuk Iran. Baghdad menuduhnya ikut campur dalam urusan Irak.

Kunjungan al-Jubeir ini terjadi di tengah serangan besar Irak untuk merebut kembali kota Mosul yang dikuasai IS sejak kelompok tersebut menyerbu pada tahun 2014.

Bagikan
Close X