Responsive image

Majelis Ulama Pattani Jalin Kerjasama Pendidikan dengan Ponpes Nurul Jadid

Majelis Ulama Pattani Jalin Kerjasama Pendidikan dengan Ponpes Nurul Jadid

PROBOLINGGO (Jurnalislam.com) – Pondok Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo, Jawa Timur menandatangani nota kesepahaman dengan The Central Islamic Council of Thailand atau Majelis Ulama Pattani, Sabtu (27/5/2017).

Penandatanganan dilakukan saat rombongan dari Thailand datang bersilaturrahim ke pesantren. Perwakilan Majelis Ulama Thailand, Usman Tatyakong, mengatakan bahwa kerjasama ini penting guna menyelamatkan akidah pelajar muslim Pattani.

“Mayoritas warga Thailand beragama Budha sehingga budaya Budha dikhawatirkan mempengaruhi akidah generasi kami. Oleh sebab itu, pelajar Thailand yang beragama Islam harus mencari ilmu agama ke luar negeri, termasuk di Indonesia,” ujarnya.

Usman berharap, kerjasama dengan Nurul Jadid bisa memberikan manfaat pada umat Islam di Patani, Thailand. “Keluarga dan anak-anak kami hidup damai dalam Islam. Tapi guru dari anak-anak kami jarang yang dari Islam. Sesama umat Islam wajar kiranya saling membantu,” harapnya.

Sementara itu Kepala Pesantren Nurul Jadid, KH Abdul Hamid Wahid mengatakan, kerjasama antara kedua belah pihak tersebut merupakan langkah bagus untuk membendung dampak negatif globalisasi.

“Kerjasama ini penting untuk saling mengenal budaya dan memperkuat ukhuwah sesama umat Islam dan sesama rumpun Melayu,” pungkasnya.

Bagikan
Close X