Keutamaan Umar bin Abdul Aziz

Keutamaan Umar bin Abdul Aziz

Di sebuah desa di wilayah Syam ada seorang bapak tua sedang menggarap tanahnya bersama istrinya. Mereka punya anak laki-laki yang telah lama mati syahid di medan perang. Tiba-tiba si bapak melihat ada seorang penunggang kuda menuju ke arah mereka dari kejauhan. Si bapak berkata kepada istrinya, “Istriku, demi Allah, dia adalah anakku dan anakmu. Dia datang!”

Si Istri melihat ke arah penunggang kuda. Lalu dia berkata kepada suaminya, “Apa kamu ini ditipu setan? Kamu ini memang kehilangan anakmu, tapi jangan terbawa perasaan seperti itu.. sampai-sampai di matamu semua orang tampak mirip dengan anakmu. Bagaimana kamu bilang dia anakmu, bukankah anakmu udah lama meninggal.”

Si Bapak itu pun membaca ta’awudz, memohon perlindungan Allah dari gangguan setan yang terkutuk. lalu, dia kembali mencangkul tanahnya.

Di penunggang kuda smakin mendekat. Si Bapak kembali memandang Si Penunggang Kuda. Dia berkata kepada istrinya, “Istriku, dia itu anakku. Demi Allah, dia anakmu!”

Sang istri pun melihat ke arah Si Penunggang Kuda. Sementara itu, Si Penunggang Kuda semakin dekat. Setelah Si Penunggang Kuda berdiri di hadapan mereka, ternyata memang dia adalah benar-benar anak mereka berdua!

Si Penunggang Kuda mengucapkan salam kepada orang-orang di situ, dan juga kepada pasangan suami istri itu.

Keduanya berkata, “Wahai anakku, bukankah kamu udah meninggal sebagai syahid?”

Si Penunggang Kuda menjawab, “Iya, benar, wahai ibu bapakku.. Hanya saja Umar bin Abdil Aziz telah wafat tadi malam. Para syuhada memohon izin kepada Allah agar diperkenankan melihat jenazah Umar. Allah mengizinkan mereka. Da n, aku termasuk di antara para syuhada itu. Pun aku juga minta izin kepada Allah agar diperkenankan menemui dan melihat ibu bapak berdua. Dan Allah mengizinkanku.”

Kemudian, si anak itu berpamitan dan mengucapkan salam kepada orang tuanya. Si anak juga mendoakan keduanya, lalu pergi

[Diriwayatkan oleh Ibnu Qutaibah dalam Al Imamah was Siyasah, hlm 277-278]

Khalifah umar bin abdil aziz memang luar biasa. Sampai-sampai para syuhada pun minta izin utk mengiringi jenazahnya.. Wallahu a’lam.

Ya Allah, meski kami sangat jauh dibandingkan hamba-hambaMu yang saleh, tapi kami ingih seperti mereka. Maka, masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang saleh dan masukkan kami ke dalam surga-Mu..

Amiin..

Bagikan
Close X