Kendaraan Tempur Suriah Di tembak Jet tempur Yordania

YORDANIA (jurnalislam.com) – Jet tempur angkatan udara Yordania telah menghancurkan sejumlah kendaraan tempur yang mencoba menyeberang ke Yordania dari Negara tetangga Suriah, menurut militer Yordania.

Sebuah sumber militer Suriah yang dikutip oleh televisi pemerintah di Damaskus mengatakan, bahwa kendaraan yang menyerbu pada hari Rabu (16/4/14) bukan milik angkatan bersenjata Suriah .

Menggunakan serangan udara untuk menghadapi infiltrasi tersebut merupakan pertama kalinya bagi Yordania.

“Jet tempur angkatan udara kerajaan hari ini pukul 10:30 menghancurkan sejumlah kendaraan yang mencoba untuk menyeberang ke Yordania dari Suriah,” kata tentara Yordania dalam sebuah pernyataan.

“Kendaraan yang disamarkan mencoba masuk dari daerah yang bermedan berat.

“Jet tempur melepaskan tembakan peringatan, namun diabaikan, sehingga mendorong mereka untuk menghancurkan kendaraan tersebut. Tentara tidak akan mentolerir tindakan seperti itu.”

Pernyataan itu tidak mengatakan berapa banyak kendaraan dalam konvoi, dan juga tidak menyebutkan jumlah korban, kantor berita AP melaporkan. Juga tidak disebutkan apakah kendaraan menjadi sasaran di tanah Suriah atau Yordania.

Tapi seorang pejabat militer mengatakan kepada kantor berita AFP di Amman bahwa “ada tiga kendaraan yang mencoba masuk ke dalam kerajaan” dekat Ruwaished, di Yordania utara.

Yordania sangat berhati-hati dalam menangani konflik, dan berulang kali mengungkapkan kekhawatiran bahwa hal itu bisa menyebar dan berdampak terhadap para pejuangnya.

Pemerintah rezim Suriah menuduh Yordania membantu pemberontakan selama   tiga tahun terhadap Presiden Syiah Bashar al – Assad dengan memberikan pelatihan dan mempersenjatai mujahidin, tapi Yordania membantah hal ini dan mengatakan telah memperketat perbatasannya dan puluhan orang yang mencoba untuk menyeberanginya secara ilegal telah dipenjara.
Pada saat yang sama, Yordania mengatakan penyelundupan senjata di perbatasan dengan Suriah telah meningkat sebesar 300 persen dalam satu tahun terakhir . (ded412)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.