Kampung Qur’an Berdampak Tingkatkan Produktivitas

Kampung Qur’an Berdampak Tingkatkan Produktivitas

JAKARTA(Jurnalislam.com) — Direktur Utama Program Pembibitan Penghafal Alquran Daarul Qur’an, Abdul Ghofur, menuturkan hasil kaji dampak Program Kampung Qur’an ini menjadi masukan yang baik untuk pengembangan di masa mendatang.

Dari hasil kajian tersebut, dia meyakini program Kampung Qur’an bisa memberi dampak yang semakin luas.

“Sudah menjadi bagian dari tugas kami untuk melakukan aktivitas pembesaran Kampung Qur’an ini. Tadi ada masukan terkait produktifitas perekonomian dan sebagainya,” kata dia di Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (24/2).

Menurut Ghofur, pelatihan membaca dan menghafal Alquran akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di lingkungan masyarakat Kampung Qur’an itu. “Efek dari melatih baca dan hafal Alquran ini juga akan ke ekonomi di Kampung Qur’an tersebut,” kata dia.

PPPA Daarul Qur’an bekerja sama dengan Pusat Studi Bisnis dan Ekonomi Syariah (CI-BEST) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di bawah naungan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengkaji manfaat keberadaan program Kampung Qur’an.

Kepala CI-BEST Lukman Mohammad Baga mengatakan, kajian ini dilakukan untuk mendapatkan potret program Kampung Qur’an di beberapa sampel wilayah.

Dia melihat pelaksanaan program Kampung Qur’an dari persepsi para penerima manfaat mulai dari fase tanggap darurat awal, fase pemulihan, hingga pemberdayaannya.

“Ternyata memang apa yang dilakukan ini boleh dikatakan angkat jempol ya, bagus, sangat baik, meski ada beberapa catatan perbaikan,” ucap dia.

Meski masih memiliki beberapa catatan dan ada proses penyempurnaan terhadap laporannya, Lukman memberikan apresiasi karena program Kampung Qur’an sangat baik untuk masyarakat sekitar. Penilaian sangat baik ini dilihat dari kecepatan pemberian bantuan, kecukupan bantuan yang diberikan, ketepatan pemberian bantuan kepada sasaran, keterampilan petugas, dan sikap petugas.

sumber: republika.co.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X