Ini Kabar Terakhir Pengungsi Warga Sipil Kota Mosul

Ini Kabar Terakhir Pengungsi Warga Sipil Kota Mosul

IRAK (Jurnalislam.com) – Sekitar 100.000 orang telah mengungsi dari Mosul sejak serangan besar diluncurkan pada bulan Oktober untuk merebut kembali kota di Irak utara yang dikuasai kelompok Islamic State (IS) tersebut, misi PBB di Irak (the UN Mission in Iraq UNAMI) mengatakan, lansir World Bulletin, Sabtu (17/12/2016).

Dalam sebuah pernyataan hari Sabtu, UNAMI mengatakan lebih dari 106.400 orang telah terlantar akibat operasi Mosul sejak 17 Oktober.

Walaupun 9.500 dari pengungsi telah kembali ke tempat asal mereka, lebih dari 99.300 warga Irak lainnya masih mengungsi, UNAMI mengatakan.

Pekan lalu, Kementerian Migrasi Irak mengatakan lebih dari 107.000 orang telah mengungsi sejak serangan ke IS dimulai pada Mosul.

Sementara itu, Eyad Rafed dari Bulan Sabit Merah Irak memperingatkan situasi kemanusiaan yang memburuk saat warga sipil melarikan diri dari daerah-daerah yang berada di bawah target serangan oleh pasukan IS.

“Sekitar 1.500 warga sipil telah dipindahkan ke kamp di selatan Mosul dalam 24 jam terakhir,” katanya kepada Anadolu Agency.

Para pejabat Irak telah bersumpah untuk merebut kembali Mosul – yang direbut IS bersama dengan wilayah luas di utara dan barat Irak – pada akhir tahun ini.

Bagikan
Close X