IS Mulai Kehilangan Banyak Wilayah dalam Pertempuran di Suriah dan Irak

10 Juni 2016
IS Mulai Kehilangan Banyak Wilayah dalam Pertempuran di Suriah dan Irak

339426_22042574SURIAH (Jurnalislam.com) – IS Irak dan Suriah, pada hari Rabu (08/06/2016) mulai terdesak akibat dorongan besar di berbagai bidang yang telah menempatkan beberapa tekanan terbesar terhadap pasukan IS dalam dua tahun terakhir, World Bulletin melaporkan Kamis (09/06/2016).

Seorang juru bicara aliansi yang didukung AS di Suriah utara mengatakan bahwa mereka siap memasuki kota Manbij, sepekan setelah meluncurkan serangan dengan tujuan memotong perbatasan Turki yang masih berada di bawah kontrol IS.

Sedikit lebih ke barat, kelompok oposisi yang berjuang melawan IS dan rezim Nushairiyah Bashar al-Assad mengatakan bahwa pasukan IS telah ditarik keluar dari daerah dekat perbatasan.

Pasukan Syiah Assad, yang didukung oleh kekuatan udara Rusia, juga melancarkan serangan terhadap IS pekan lalu dan telah maju ke wilayah lebih jauh ke selatan.

Dan di ujung seberang, 750 km menyusuri Sungai Efrat, pasukan  Irak mengatakan mereka telah memperjuangkan jalan mereka ke daerah Fallujah, kota terbesar kedua di Irak yang berada di bawah kontrol IS dan merupakan benteng terdekat mereka dengan Bagdad.

Pasukan Irak didukung oleh serangan udara AS dan milisi Syiah yang bersekutu dengan Iran. Tapi serangan simultan pada berbagai bidang telah menciptakan tekanan terhadap IS yang belum pernah terjadi sebelumnya.

 

Deddy | World Bulletin | Jurnalislam