Houthi Blokir Bantuan Kemanusiaan

YAMAN (Jurnalislam.com) – Milisi Houthi yang didukung Iran memblokir bantuan kemanusiaan yang berusaha memasuki wilayah di Yaman, juru bicara koalisi yang dipimpin Saudi mengatakan pada hari Senin (13/04/2015).

Brig. Jenderal Ahmed Asiri mengatakan bahwa perintah untuk menghentikan serangan militer sehingga pengiriman bantuan kemanusiaan yang mendesak bisa memasuki Yaman seharusnya diarahkan kepada milisi Houthi, yang membunuh warga sipil, dan bukan ditujukan ke arah koalisi yang dipimpin Saudi.

Awal pekan ini, Rusia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk memerintahkan "jeda kemanusiaan" yang ditujukan pada serangan udara koalisi yang dipimpin Saudi di Yaman untuk memungkinkan pengiriman bantuan dan obat-obatan.

Asiri menambahkan bahwa dalam beberapa hari ke depan situasi akan memudahkan warga sipil di Yaman, yang akan menerima peningkatan pelayanan kesehatan.

Saat briefing harian, juru bicara mengatakan bahwa belum ada konfirmasi mengenai status Abdelmalik al Houthi, pemimpin milisi Houthi yang didukung Iran, yang oleh beberapa laporan berita yang belum dikonfirmasi dikatakan bahwa kemungkinan ia telah tewas baru-baru ini.

Dia juga mengatakan bahwa milisi Houthi menggunakan sekolah dan stadion olahraga untuk persediaan senjata mereka dan bahwa daerah-daerah tersebut telah ditargetkan oleh koalisi selama beberapa hari terakhir.

Berbicara tentang wilayah perairan Yaman, Asiri mengatakan bahwa semua gerakan maritim menuju dan dari daerah tersebut masih dilarang.

Asiri juga menekankan bahwa situasi di perbatasan Saudi stabil dan belum ada pertempuran besar dengan pemberontak Houthi di sana.

 

Deddy | Alarabiya | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X