Hidup Sehat dengan Anggur

Hidup Sehat dengan Anggur

JURNALISLAM.COM – Fakta menunjukkan betapa buah-buahan yang disebutkan Sang Khalik dalam Alquran memiliki khasiat dan kegunaan yang luar biasa, bukti ini juga merupakan salah satu mukjizat Alquran.

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan,” (QS: An Nahl: ayat 11)

Di antara sekian banyak buah-buahan itu, salah satu yang disebutkan Allah dalam Alquran adalah anggur dan ada sebanyak 14 kali.

Mari Mengenal Anggur

Anggur merupakan salah satu tanaman yang dikenal umat manusia sejak lama dan sudah dikenal sejak masa Nabi Nuh AS. Buah anggur ini, sangat baik untuk dimakan, baik ketika masih segar ataupun sudah kering.

Buah anggur

Anggur juga buah yang mudah dicerna, dapat menggemukan, dan dapat menyuplai gizi yang cukup. Anggur hijau maupun merah memiliki khasiat yang sama, keduanya bisa dimanfaatkan untuk menjadi buah, makanan, minuman, maupun sebagai obat.

Ibnu Qayyim mengatakan, anggur adalah salah satu buah dari sekian banyak buah, salah satu makanan bergizi dari sekian banyak makanan bergizi, salah satu obat dari sekian banyak obat, atau salah satu minuman dari sekian banyak minuman.

Dalam buku-buku pengobatan pernafasan, anggur juga memiliki manfaat sebagai obat untuk mendukung pengobatan ini. Untuk mendukung pengobatan tersebut, anggur diolah menjadi minuman yang berupa jus anggur.

Jus anggur bisa membantu penyembuhan dari penyakit hemaroid (wasir), gangguan pencernaan, batu ginjal dan gangguan kantong empedu.
Wow, cukup bermanfaat bukan?

Untuk itu, para peneliti menganjurkan untuk meminum segelas jus anggur, sebelum sarapan dan sebelum makan malam.

Bahkan meminum segelas anggur sebelum tidur juga bisa membantu anda untuk tidur nyenyak tanpa insomnia yang mengganggu. Jus anggur juga baik untuk orang-orang yang keracunan, keletihan atau dalam masa penyembuhan atau terkena batu ginjal (kencing batu).

Akan tetapi, jus anggur harus segera diminum setelah pembuatannya, karena jika didiamkan terlalu lama akan berubah menjadi arak yang memabukkan.

“Dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti,” (QS: An Nahl: ayat 67).

Catatan Ahli Botani Muslim

Selain itu, anggur juga bisa digunakan sebagai cairan pelembab kulit muka dan untuk bahan kosmetika.

Abu Muhammad Abdallah Ibn Ahmad Ibn al-Baitar Dhiya al-Din al-Malaqi atau akrab disapa Ibnu al-Baitar (1197 M – 1248 M) menuturkan bahwa anggur yang baik adalah anggur yang berukuran besar, berkulit tipis, berbiji jarang, dan berwarna agak kemerah-merahan. Menurutnya anggur adalah buah yang paling diminati.

“Ia juga tergolong paling baik dibandingkan buah-buahan lainnya,” jelas Ibnu Baithar, ahli botani Muslim terkemuka di era kejayaan Islam di Andalusia.

Ia melanjutkan, buah ini dapat menggemukan orang yang kurus, membersihkan darah, dan memperlancar saluran pencernaan. Anggur juga bermanfaat untuk meningkatkan gairah, memulihkan orang yang sakit, dan menguatkan jantung.

Maha suci Allah dengan segala petunjuk dan kebaikannya untuk manusia.

Jadi bagaimana, tertarik mengkonsumsi buah anggur? Jika iya, jangan berlebihan karena sesuatu itu tetap tidak baik. Jangan lupa diiringi dengan pola hidup sehat, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Bagikan

One thought on “Hidup Sehat dengan Anggur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X