Hari Pramuka dan Manfaat Kepanduan

Hari Pramuka dan Manfaat Kepanduan

JURNALISLAM.COM – Tepat pada hari ini, Rabu (14/8/2019), Praja Muda Karana atau Pramuka dibentuk 58 tahun yang lalu di Indonesia. Gerakan yang banyak diminati oleh para siswa ketika disekolah ini mempunyai banyak manfaat.

Gerakan kepanduan yang diinisiasi oleh bapak pandu dunia, Baden Powell ini mengajarkan berbagai hal yang amat berguna untuk kamu terapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Berikut manfaat gerakan Pramuka yang dirangkum dari berbagai sumber:

Berkomunikasi

Saat mengikuti kegiatan Pramuka, kamu akan dituntut untuk bisa berhubungan dengan teman, baik yang satu tim maupun yang berbeda timnya.

Kegiatan dalam Pramuka lebih banyak dilakukan secara berkelompok sehingga melatih kamu untuk bisa berkomunikasi dengan teman-teman sekitar. Dengan kegiatan ini, maka kamu yang tadinya pemalu atau pendiam dapat menjadi lebih berani untuk berbicara dengan orang lain.

Kemandirian

Pernah ikut kemah? Pastinya kalau ekstrakurikuler Pramuka akan mengadakan yang namanya kemah. Kemah ini bukan seperti yang biasa kita lakukan saat liburan. Kalian harus mandiri. Memanfaatkan segala sesuatu yang ada dan tidak boleh hidup ketergantungan seperti di rumah. Harus bisa hidup apa adanya tanpa bantuan teknologi.

Tidak ada laptop, tidak ada ponsel, bahkan beberapa kemah melarang penggunaan listrik meskipun itu haya sebatas lampu. Kalian harus bisa masak sendiri untuk makan, mencuci piring dan baju sendiri. Tidak ada yang instan.

Gotong Royong dan Kebersamaan

Pada saat kemah, pastinya kita tidak hanya sendirian. Pasti dalam satu tenda diisi oleh begitu banyak orang. Kalian tentunya harus saling membantu untuk bertahan hidup saat kemah kini. Misalnya seperti dari awal kemah. Kita memasang tenda bersama, dan saling membantu satu sama lain.

Menekan Keegoisan

Dengan hidup bersama-sama dalam satu tenda, kita tidak bisa egois. Kita harus menghormati dan hidup bersama-sama dengan baik. Harus berbagi dan menolong satu sama lain.

Kedisiplinan

Di dalam Pramuka juga, kita pasti mendengar yang namanya apel. Apel di sini bukan jenis buah. Apel di sini merupakan sebutan untuk upacara dalam Pramuka. Kita harus mengikuti apel dengan khidmat tanpa mengeluh.

Kecintaan Terhadap Alam

Kita hidup mandiri. Kita akan dituntut untuk dapat menghargai alam. Dalam Pramuka, kita lebih sering melakukannya di luar lapangan. Kita juga dituntut untuk menjaga alam sehingga menumbuhkan rasa cinta kepada alam.

Bertahan Hidup di Saat Genting

Kita belajar begitu banyak sandi. Kita juga belajar kode-kode lain dalam Pramuka, serta kita juga akan diajari berbagai simpul. Hal itu ditujukan untuk kita bertahan hidup dalam keadaan genting.

Cinta Kepada YME

Sebelum melakukan kegiatan, kita diharuskan berdoa. Saat apel dan mengakhiri apel juga kita akan diwajibkan berdoa. Selain itu, di dalam dasa dharma pertama disebutkan “Taqwa kepada Tuhan YME”.

Kreatif

Banyak kegiatan yang ada dalam Pramuka yang menuntut kami untuk menggunakan kreativitas. Banyak aktivitas yang membuat kamu harus menyelesaikan tugasnya dengan menggunakan ide cemerlang. Dengan demikian kreativitas kamu semakin diasah.

Kepemimpinan

Dalam kegiatan Pramuka, kamu akan mendapat kesempatan untuk memimpin regu. Saat mendapat kesempatan itulah kamu akan belajar mengenai gaya kepemimpinan sehingga dikemudian hari kamu dapat menjadi seorang pemimpin, baik ditempat kerja, organisasi, maupun ketika sudah berkeluarga.

Wah, banyak juga manfaat yang diambil dari gerakan kepanduan Pramuka ini. Semoga generasi muda alias Milenial dapat meneladani nilai-nilai yang ada di dalam Pramuka sehingga dapat mengikis pergaulan bebas yang negatif.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X