Fitnah Pemimpin Syiah Ali Khomeni, Wakil Mantan Presiden Iran Ditangkap

Fitnah Pemimpin Syiah Ali Khomeni, Wakil Mantan Presiden Iran Ditangkap

TEHERAN (Jurnalislam.com) – Seorang wakil mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan oleh pengadilan revolusioner negara tersebut, menurut saluran media negara pada hari Sabtu, lansir World Bulletin Ahad (18/3/2018).

Pada bulan November, Pengadilan Revolusioner Iran telah memanggil Esfandiar Rahim Mashaei – yang secara singkat pernah memegang posisi wakil presiden di bawah Ahmadinejad – untuk menjawab beberapa tuntutan pidana.

Rahim Mashaei menghadapi tuduhan “menyebarkan propaganda melawan rezim penguasa Iran”, “memfitnah pemimpin” (yaitu Pemimpin Tertinggi Syiah Iran Ali Khomenei), dan “menghasut di kalangan masyarakat.”

Samakan Ali Khomeni dengan Hitler, Arab akan Bangun Kekuatan Nuklir Jika Iran Buat Bom

Rahim Mashaei sebentar menjabat sebagai wakil presiden Ahmedinejad setelah Pemilu Iran 2009, namun tiba-tiba dipecat sepekan kemudian.

Dia mencoba mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 2013, namun pencalonannya diblokir oleh Dewan Konstitusi Wali Iran (Guardian Council of the Constitution), yang memegang banyak kekuasaan di Iran.

Secara terpisah, Hamid Baghaei, yang juga bertugas di bawah jabatan Ahmadinejad telah dijatuhi hukuman 15 tahun penjara atas tuduhan korupsi.

 

Bagikan
Close X