Evakuasi Kloter Keempat Warga Al Waer Capai 2.500 Orang

Evakuasi Kloter Keempat Warga Al Waer Capai 2.500 Orang

HOMS (Jurnalislam.com) – Perpindahan kelompok oposisi Suriah dan keluarga mereka tahap keempat, diperkirakan sekitar 2.500 orang, ditetapkan berlangsung pada hari Sabtu (8/4/2017) di Al Waer, kabupaten terakhir di Homs yang dikuasai pejuang oposisi.

Evakuasi daerah kantong pejuang oposisi adalah bagian dari kesepakatan pejuang Suriah dengan rezim Assad yang ditengahi oleh Rusia – tapi pejuang oposisi menyebutnya pemindahan secara paksa.

Para pengungsi sedang dipindahkan ke Jarablus di provinsi Aleppo, tetapi banyak yang telah meninggalkan Al Waer dan pergi ke banteng mujahisin di provinsi Idlib, dimana serangan kimia yang menewaskan puluhan orang berlangsung awal pekan ini disana.

Reporter Al Jazeera Mohammed Jamjoom, melaporkan dari Reyhanli di perbatasan Turki dengan Suriah, mengatakan bahwa 55 bus yang membawa sekitar 2.500 pengungsi diharapkan untuk meninggalkan daerah kantong di putaran terakhir ini – tapi banyak yang tidak senang dengan keputusan evakuasi.

“Mereka adalah kelompok yang tidak menerima gerakan rekonsiliasi nasional,” kata Jamjoom.

“Mereka mengatakan bahwa evakuasi ini dipaksakan pada mereka oleh rezim Suriah, oleh Rusia, dan sekutu Iran mereka juga.”

Jamjoom melaporkan bahwa banyak pengungsi mengatakan mereka tidak punya pilihan lain selain pergi.

“Mereka cukup prihatin tentang apa yang akan terjadi kepada mereka nanti.”

Evakuasi, yang diawasi oleh pasukan Rusia dan rezim Suriah, adalah kesepakatan fase keempat yang dicapai tahun lalu dimana ratusan pejuang dan keluarga mereka meninggalkan daerah itu.

Bagikan
Close X