Erdogan: Turki Tetap Berada di Idlib untuk Bantu Selamatkan Warga

Erdogan: Turki Tetap Berada di Idlib untuk Bantu Selamatkan Warga

ISTANBUL (Jurnalislam.com) – Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat (12/10/2018) mengatakan bahwa Turki tetap berada di Idlib untuk menyelamatkan jutaan orang dari penderitaan melalui stabilitas yang dipelihara di Idlib dan akan terus melakukannya.

“Turki menyelamatkan puluhan ribu orang dari kematian, jutaan dari kesengsaraan, melalui stabilitas yang dijaga di Idlib,” kata Erdogan saat makan malam International Summit of High Courts ke-4, lansir Anadolu Agency.

Dia menambahkan bahwa dengan menampung lebih dari 4 juta pengungsi dari Suriah, Irak, Afghanistan dan negara-negara Afrika, Turki “membawa beban dan menyelamatkan kehormatan masyarakat internasional”.

“Kami melakukan ini tanpa bantuan penting dari komunitas dan organisasi internasional. Sampai sekarang kami telah menghabiskan $ 33 miliar hanya untuk pengungsi dari Suriah,” katanya.

Baca juga: Berikut Situasi Terakhir di Idlib, Benteng Terakhir Mujahidin Suriah

Presiden mengatakan bahwa di Suriah, Turki memperbaiki sistem keamanan dan peradilan, yang akan membuka jalan bagi perdamaian.

Menyatakan bahwa pemahaman Turki tentang keadilan berasal dari sejarah dan peradabannya, ia mengatakan Ankara terus berjuang demi kepentingan saudara-saudaranya dan seluruh umat manusia.

Setelah pertemuan di Sochi bulan lalu antara Erdogan dan timpalannya dari Rusia, Vladimir Putin, kedua negara sepakat untuk membentuk zona demiliterisasi Idlib.

Ankara dan Moskow juga menandatangani nota kesepahaman yang menyerukan “stabilisasi” dari zona eskalasi de-Idlib, di mana tindakan agresi secara tegas dilarang.

Berdasarkan kesepakatan itu, kelompok-kelompok oposisi dan faksi-faksi jihad di Idlib akan tetap berada di daerah-daerah di mana mereka sudah hadir, sementara Rusia dan Turki akan melakukan patroli bersama di daerah itu dengan maksud untuk mencegah pertempuran baru.

Suriah baru saja mulai bangkit dari konflik dahsyat yang dimulai pada 2011 ketika rezim Syiah Nushairiyah Assad membantai para demonstran dengan keganasan militer yang tidak terduga.

Bagikan

2 thoughts on “Erdogan: Turki Tetap Berada di Idlib untuk Bantu Selamatkan Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X