Eks Pimpinan Minta KPK Selidiki Dugaan Korupsi Program Kartu Prakerja

Eks Pimpinan Minta KPK Selidiki Dugaan Korupsi Program Kartu Prakerja

JAKARTA(Jurnalislam.com)– Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto meminta lembaga antirasuah yang dipimpin Firli Bahuri membuka penyelidikan atas dugaan korupsi dalam program Kartu Prakerja.

Menurut Bambang, KPK perlu melakukan tindakan lebih dari sekadar kajian atas program yang digaungkan Presiden Joko Widodo sejak masa kampanyenya.

“Setop dengan kajian. Masuk di penyelidikan. Tugas Litbang sudah selesai di situ; tugas penyelidikan mulai masuk,” katanya dalam sebuah forum diskusi, Jumat, 19 Juni 2020.

KPK, katanya, patut menyelisik dugaan korupsi di program Kartu Prakerja. Apalagi anggarannya sangat besar, yakni Rp20 triliun. Kajian merupakan tugas para peneliti, bukan tugas lembaga penegak hukum.

“Kalau hanya memetakan masalah dan memetakan temuan, itu sebenarnya kerjaan peneliti. Tetapi kalau pekerjaannya advokat atau penegak hukum dia akan menemukan apakah tindakan itu dilakukan secara sengaja atau kelalaiannya. Jadi dengan begitu mens rea-nya jelas,” ujarnya.

Bambang menduga telah terjadi praktik rasuah dari program Kartu Prakerja. Deteksi saja siapa-siapa yang terlibat dalam program itu. “Kalau menurut saya, tindakan itu sengaja, setidak-tidaknya lalai. Dan lalai itu sudah menjadi bagian dari pelanggaran,” katanya.

Sumber: vivanews.com

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X