DSKS Gelar Tabligh Akbar dan Nobar Film G30S/PKI

DSKS Gelar Tabligh Akbar dan Nobar Film G30S/PKI

SOLO (Jurnalislam.com)- Guna mengenang akan tragedi memilkukan yang pernah dialami bangsa Indonesia, Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) menggelar Tabligh Akbar dan Nobar Film G30S PKI di Masjid Mujahidin, Banyuanyar, Solo, pada rabu, (30/9/2020).

 

Tempat nobar Film G30S PKI tersebut hanya berjarak ratusan meter dari rumah presiden Jokowi. Masyarakat tampak antusias dengan kegiatan nobar tersebut.

 

Panitia menyediakan tempat untuk peserta putra dan putri. Empat layar disiapkan untuk mengingatkan peserta akan pembunuhan dan penculikan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) terhadap para jendral di tahun 1965.

 

Dua layar di tempatkan di dalam masjid, satu layar di tempat perempuan dan satu layar lagi di luar Masjid Mujahidin. Kordinator aksi Endro Sudarsono menjelaskan bahwa selain kegiatan nobar, panitia juga menghadirkan beberapa saksi sejarah terkait kekejaman PKI terhadap masyarakat dan umat Islam.

 

“Namun sebelum acara nobar, diisi tablig akbar atau pengajian dan testimoni dari saksi sejarah. Ada ketua DSKS Dr Muinudinillah Basri, ustaz Shobbarin Syakur hingga aktifis 65 dan saksi sejarah peristiwa kedung kopi Usman Amirudin, jadi nobarnya itu proporsinya kecil jadi lebih banyak ke testimoni, pengajian dan studi literatur PKI,” terangnya.

 

Ia berharap dengan adanya kegiatan nobar Film G30S PKI tersebut, masyarakat tidak lupa akan sejarah bangsanya meskipun sejarah tersebut kelam akibat dibunuhnya para jendral oleh PKI.

 

Lebih lanjut, Endro menjelaskan panitia juga menyediakan wedangan gratis guna memanjakan para peserta yang datang.

 

“Ada wedangan gratis, hik (angkringan) gratis, wedang ronde gratis, dan wedang asle,” pungkas Endro.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X