Dosen dan Mahasiswa dan Pascasrajana UIN Sunan Kalijaga Mengikuti Pembinaan Pentashihan Mushaf Al Qur’an

Dosen dan Mahasiswa dan Pascasrajana UIN Sunan Kalijaga Mengikuti Pembinaan Pentashihan Mushaf Al Qur’an

YOGYAKARTA (jurnalislam.com)- Sejumlah 15 Dosen dan 50 orang Mahasiswa Prodi Ilmu Qur’an dan Tafsir mengikuti pembinaan Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, bertempat di  ruang pertemuan Gedung Prof. Saifuddin Zuhri, Selasa, (17/9/19).

Deni Hudaeny AA, Lc., MA., selaku penitia penyelenggara menjelaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan tersebut atas kerja-sama antara UIN Sunan Kalijaga dengan Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

“Ini merupakan pengejawantahan apa yang diamanatkan dalam Peraturan Menetri Agama Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2016, tentang Penerbitan, Pentashihan dan Peredaran Mushaf Al Qur’an,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, dihadirkan sebagai narasumber antara lain: Rektor UIN sunan Kalijaga, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D., dengan materinya “Peran UIN Sunan Kalijaga dalam Menjaga Kesahihan dan Kesucian  Mushaf Al Qur’an di Indonesia”.

Hadir juga  Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an, Dr. H. Muchlis, M. Hanafi, MA.,   dengan materi “Kebijakan Pentashihan dan Penerbitan Mushaf Al-Qur’an”.

Kepala Bidang Pentashihan Mushaf Al-Qur’an LPMQ, H. Deni Hudaeny, AA., Lc., MA, dengan materi “Pedoman dan Teknik Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.”

Tak ketinggalan, Kepala Seksi  Pentashihan Mushaf Al Qur’an, Hj. Tuti Nurkhayati, S.Th.I, yang memberikan mimbingan secara teknis dalam hal pentashihan dan penggunakan Aplikasi Qur’an Kemenag in Word (QKIW).

Melalui semua paparan narasumber ini diharapkan, semua peserta  akan lebih memahami profil QKIW sebagai satuan kerja di Kementerian Agama yang memiliki otoritas dalam melakukan pentashihan, pembinaan dan pengawasan peredaran mushaf Al-Qur’an di Indonesia.

Disamping itu para peserta juga bisa lebih memahami  bagaimana Mushaf Al-Qur’an standar Indonesia.

Terakhir, peserta diharapkan lebih banyak mengenal berbagai keilmuan Al-Qur’an terkait pentashihan mushaf Al Qur’an.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X