Disebut Akan Bebas, Keluarga : Kenyataannya Ustadz Abu Bakar Ba’asyir Masih Dipenjara

Disebut Akan Bebas, Keluarga : Kenyataannya Ustadz Abu Bakar Ba’asyir Masih Dipenjara

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Tengku Zulkarnaen mengatakan di akun twitternya bahwa Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo terkait kebebasan tokoh Islam Ustaz Abu Bakar Ba’asyir dari penjara dan dipindahkan ke RSCM.

Putera ustaz Abu Bakar Ba’asyir, Abdurrachim Ba’asyir mengatakan bahwa faktanya sampai saat ini ustadz Abu masih dipenjara.

“Karena pada kenyataannya memang saat ini ustadz Abu masih di penjara dan sampai hari ini setelah surat izin untuk check up ke RSCM itu terbut satu bulan yang lalu dan siap-siap mau berangkat, tiba-tiba dari BNPT dan Densus minta penundaan dengan alasan masih sibuk dan masih belum bisa,” kata Abdurrachim kepada Jurnalislam.com, Jumat (23/2/2018).

Pria yang karib disapa Iim ini mengakui sudah berbincang langsung dengan Wasekjen MUI KH Tengku Zulkarnaen dan mengapresiasi MUI atas upayanya membebaskan Ustaz Abu Bakar Ba’asyir.

Menurutnya, pernyataan Kiai Tengku bisa jadi benar dalam tataran elit, yaitu dialog antara Ketua MUI dengan Presiden Joko Widodo. Namun, pada tataran pelaksanaan, Iim mengakui seringkali bertolakbelakang dengan kebijakan yang diputuskan.

“Namun terkait keberadaan Ustaz Abu di RSCM mungkin itu perlu diluruskan karena sepertinya apa yang beliau dengar langsung dari Presiden atau dari para elit. Tapi di bawah nanti pelaksanaannya berbeda lagi tampaknya itu yang sering terjadi. Jadi dari atas sudah ada persetujuan tapi di bawah selalu saja ada halangan,” kata Iim.

Karenanya, apabila kebijakan itu benar terjadi, maka keluarga mengucapkan apresiais terhadap MUI yang terus memperhatikan para ulama di Indonesia. “Para ulama apabila bisa bersatu tentu itu akan membawa kebaikan buat umat Islam di Indonesia khususnya,” pungkas Iim.

 

Bagikan
Close X