Dahsyat, Pakistan Uji Coba Rudal Balistik Berkemampuan Nuklir

PAKISTAN (Jurnalislam.com) – Pakistan melakukan uji tembak rudal balistik berkemampuan nuklir pada Jumat (11/12/2015), kata militer, dua hari setelah pemerintah menegaskan bahwa mereka akan melanjutkan perundingan perdamaian tingkat tinggi dengan rival India, lansir World Bulletin, Jumat.

Tes tersebut merupakan yang terbaru dalam serangkaian tes yang dilakukan oleh India dan Pakistan sejak keduanya menunjukkan senjata berkemampuan nuklir pada tahun 1998.

Militer mengatakan telah menembakkan rudal balistik surface-to-surface Shaheen III yang dapat membawa hulu ledak nuklir dan konvensional dalam jarak 2.750 kilometer (1.700 mil).

"Tes penerbangan sukses dengan titik dampaknya di Laut Arab, memvalidasi semua parameter yang diinginkan … bertujuan untuk memvalidasi berbagai desain dan parameter teknis dari sistem senjata," kata militer dalam sebuah pernyataan.

Kepala Divisi Rencana Strategis, Letnan Jenderal Mazhar Jamil, mengucapkan selamat kepada para ilmuwan dan insinyur yang terlibat pada pencapaian tonggak penting dalam melengkapi kemampuan penangkalan negara yang ada, katanya.

Jamil menegaskan bahwa "Pakistan berkeinginan terciptanya koeksistensi damai sehingga penangkal nuklir akan semakin memperkuat stabilitas strategis di Asia Selatan".

Pakistan terakhir menguji Shaheen III pada tanggal 9 Maret tahun ini.

Hubungan antara Pakistan dan India – yang terlibat tiga kali perang sejak merdeka dari Inggris pada tahun 1947 – selalu penuh tetapi memburuk lebih lanjut Agustus lalu di tengah meningkatnya bentrokan di sepanjang perbatasan mereka dan berturut-turut selama pertemuan diplomat separatis Pakistan Kashmir.

Menteri Luar Negeri India pada hari Rabu mengadakan pembicaraan dengan timpalannya dari Pakistan Sartaj Aziz di Islamabad di sela-sela pertemuan puncak regional di Afghanistan, di mana mereka bersama-sama mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan perundingan perdamaian tingkat tinggi.

 

Deddy | World Bulletin | Jurnalislam

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X