Cantik Dengan Minyak Zaitun: Dari Pohon yang Diberkahi

Cantik Dengan Minyak Zaitun: Dari Pohon yang Diberkahi

…. yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak disebelah timur (sesuatu) dan tidak pula disebelah baratnya, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api, cahaya diatas cahaya (berlapis-lapis) (An-Nur : 35)

JURNALISLAM.COM – Maha Rahim Allah, yang menciptakan pohon Zaitun, pohon yang diberkahi sampai diabadikan didalam Al-Quran dengan manfaatnya yang segudang. Dari pohon Zaitun dihasilkan minyak Zaitun yang diberi perumpamaan begitu indah oleh Allah Al-Khalik seperti termaktub didalam Al-Quran, ‘Cahaya diatas cahaya’.

Selain banyak manfaat untuk kesehatan, minyak Zaitun pun sangat bermanfaat untuk kecantikan. Tentulah wanita shalihah, bukanlah wanita yang mengabaikan kecantikannya, meski kecantikan hakiki lahir dari akhlak yang manis berbudi, namun tetap tidak boleh dipandang remeh menjaga kesehatan dan kecantikan fisik.

Allah menyebutkan pohon Zaitun pohon yang diberkahi, maka tak berlebihan jika masyarakat menyebut minyak Zaitun sebagai minyak super, karena setetes minyak Zaitun mengandung vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3 dan lemak jenuh) phenolic, serta zat besi yang sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Berikut sejumlah manfaat minyak Zaitun seperti yang di lansir oleh liputan6.com.

1. Menghilangkan warna hitam dibibir dan membuat bibir lembab kemerahan.

Cukup dengan mengoleskan bibir dengan minyak zaitun setiap hari, vitamin E dan vitamin K yang terkandung dalam minyak Zaitun akan menghilangkan warna hitam pada bibir, melembabkan dan lambat laun akan membuat bibir tampak memerah alami.

2. Merawat Kesehatan Rambut.

Secara rutin mengoleskan minyak Zaitun pada rambut maka vitamin E yang terkandung dalam minyak Zaitun akan bekerja memelihara kesehatan dan kelembapan rambut, rambut semakin tebal dan bersinar alami.

3. Menebalkan Alis dan Memanjangkan Bulu Mata.

Tentulah alis yang tebal dan bulu mata yang lentik alami dambaan setiap wanita. Dengan mengoleskan minyak Zaitun pada alis dan bulu mata secara rutin sebelum tidur akan membuat alis menjadi tebal dan alis panjang alami, tentu dengan menggunakan minyak Zaitun yang alami.

4. Mengencangkan Kulit Wajah.

Campurkan 1 sendok makan minyak Zaitun dan 1 sendok teh madu alami kemudian dijadikan masker wajah. Kandungan zat linoleic acid dalam minyak Zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah agar tidak muncul keriput dini, dan anti oksidan yang terkandung dalam minyak Zaitun dapat melindungi sel-sel dari kerusakan. Kulit menjadi kencang dan sehat.

5. Mengecilkan Pori-pori Wajah.

Zat linoleic pada minyak Zaitun mampu mengecilkan pori-pori wajah yang seringnya mengurangi performa wajah.

6. Menghaluskan dan Mencerahkan Wajah.

Pemakaian minyak Zaitun rutin setiap hari pada wajah akan menghaluskan dan mencerahkan kulit, perlahan namun pasti kulit akan tampak memutih.

7. Menyembuhkan Jerawat.

Mengoleskan jerawat dengan minyak Zaitun, pijat wajah dengan lembut dan perlahan, pijat dengan tekanan yg cukup, lakukan selama 4-5 menit kemudian biarkan selama 15-20 menit, Kemudian bersihkan wajah dengan lap bersih dan hangat. Ulangi pijatan tersebut selama beberapa kali, lakukan sebanyak 2 kali sebelum tidur setiap harinya.

8. Mengatasi Kulit Kering.

Minyak Zaitun dapat menggantikan fungsi body lotion untuk merawat dan melembabkan kulit, serta melindungi dari serangan radikal bebas dari zat anti oksidan yang terkandung dalam minyak Zaitun.

9. Mencegah dan Mengurangi Resiko Penyakit Kanker.

Kandungan anti oksidan dan anti inflamasi yang kuat pada minyak Zaitun dapat mencegah dan mengurangi resiko penyakit kanker kulit dan payudara yang ditakuti oleh wanita.

Menggunakan minyak Zaitun sebagai tabir surya secara rutin merupakan cara terbaik mencegah sengatan sinar matahari dan melindungi kulit dari efek bahaya sinar matahari seperti UVA dan UVB, dengan begitu malignant melanoma tipe kanker kulit yang paling berbahaya dapat di cegah.

Sedangkan untuk pencegahan kanker payudara, minyak zaitun yang kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh, dan beberapa senyawa bioaktif seperti anti oksidan menjadi kunci penting dalam memerangi tumor.

Minyak Zaitun minyak super dengan kaya manfaat yang berasal dari pohon yang diberkahi sangat mudah sekali didapatkan, namun memastikan mendapatkan minyak Zaitun yang alami adalah penting agar khasiat-khasiatnya pun dapat dirasakan.

Salah satu ciri minyak Zaitun murni seperti yang diungkapkan oleh Chef Johan dari Filippo Berio adalah dikemas di botol kaca agak gelap dan tebal karena minyak Zaitun sensitif dengan suhu tinggi, harga tinggi, tidak membeku meski disimpan di freezer berjam-jam menandakan minyak Zaitun kualitas nomor satu.

Sedangkan ciri minyak Zaitun berkualitas baik seperti dilansir laman Epicurious adalah kemasan berlabel Ektra Virgin, lebih spesifik lebih baik seperti menyebutkan tanggal panen dan menyebutkan negara produksi, minyak Zaitun yang baik berbau tumbuhan dan enak rasanya.

Sumber:
Liputan6.com
Viva.co.id
Sidomi.com

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.