BMH Adakan Nikah Massal 100 Pasangan Mualaf Suku Tengger Senduro

LUMAJANG (Jurnalislam.com) – Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggelar Isbat Nikah Berkah 100 pasang Muallaf Suku Tengger di Lapangan Pasar Agropolitan Kecamatan Senduro Lumajang, Ahad (14/05/15). 

Dalam sambutannya, ketua pelaksana, Ustadz Mujtahid Ja'far mengatakan kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh permintaan warga Muslim Suku Tengger yang menginginkan status nikah yang sah secara administrasi.

“Didasari oleh permintaan mereka (warga Muslim tengger, red) kepada kami, sebagaimana pernah dilaksanakan 2009 silam. Dan Alhamdulillah berkat support penuh dari BMH, acara ini bisa kembali terselenggara” ujarnya.

Sementara itu, Direktur BMH Banyuwangi, Agus kepada Jurniscom mengatakan BMH telah membimbing ratusan warga Suku tengger untuk menjalankan Syariat Islam, salah satunya dengan menikah.

"Mereka adalah saudara kita, jadi kita wajib untuk menolongnya. Kami bimbing mereka untuk menjalankan syariat Islam yaitu salah satunnya adalah nikah,“ kata Agus kepada Jurniscom, Senin (15/6/2015)

Acara diawali dengan kirab pengantin yang diiringi oleh Jaran Kecak yang merupakan kesenian daerah Lumajang. Dilanjutkan dengan akad nikah di Masjid Ulla Senduro. 

”Sebagian besar pasangan pasutri ini sudah nikah sebelumnya dengan ritual Agama hindu. Ada satu pasangan yang baru masuk Islam dan langsung di nikahkan. Peserta bertambah satu jadi ada 101 pasang mualaf,” lanjut Agus.

Salah satu peserta mengungkapkan kebahagiannya telah masuk Iskam yang dinilainya tidak sulit. ”Kami senang, ternyata di Islam tidak ribet dan masuk Islam tidak sulit, di permudah," ungkap peserta

Acara yang didukung oleh Pemkab Lumajang, Kemenag Kabupaten Lumajang, Ormas Hidayatullah juga Musfika Kabupaten Lumajang ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Pemprov Jatim, Bupati Kabupaten Lumajang, Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Lumajang, Kapolres Lumajang dan tamu undangan lainnya.

Reporter : Findra | Editor : Ally | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.