Berkuda, Alternatif Liburan Berpahala yang Wajib Kamu Coba!

Berkuda, Alternatif Liburan Berpahala yang Wajib Kamu Coba!

JURNALISLAM.COM – Liburan sekolah sudah didepan mata, bergembiralah anak-anak sekolah. Waktunya untuk rehat dari aktifitas rutin menuntut ilmu di bangku sekolah.

Biasanya, mereka mengharapkan aktifitas yang menyenangkan untuk mengisi liburan, seperti melancong ke rumah nenek di desa atau berlibur keluar kota dengan destinasi-destinasi yang indah.

Rupanya, ada alternatif yang tidak kalah menyenangkan untuk mengisi liburan. Aktifitas yang tidak hanya membawa kesenangan, melainkan juga dapat membentuk karakter yang kuat serta mendatangkan pahala. Kok bisa? Karena alternatif ini merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan dan disenangi oleh Nabi Saw.

“Tidak ada sesuatu yang paling dicintai oleh Rasulullah selepas wanita selain kuda” (HR. An Nasa’i).

Apalagi kalau bukan aktifitas berkuda. Berkuda menjadi trend akhir-akhir ini, menjadi atlet equestrian pun sedang diidam-idamkan oleh banyak kaula muda masa kini.

Pantaslah jika Nabi menganjurkan orangtua agar mengajarkan anak-anaknya berkuda. Sebab, besarnya manfaat berkuda bagi anak-anak terutama dalam pembentukan karakternya.

Olahraga berkuda

Menurut Direktur JN Stude, Rahmat Nasir seperti yang dilansir liputan6.com, berkuda dapat membangun keberanian, mental, keseimbangan, dan membuat anak jadi mandiri.

Aktifitas berkuda ini ada dibeberapa tempat rekreasi, seperti di Prambanan Jogja, Tawangmangu Jawa Tengah, Bromo Jawa Timur dan lainnya. Namun aktifitas berkuda yang ditawarkan oleh tempat rekreasi ini sebatas ngojeg kuda alias hanya menunggang kuda beberapa putaran ditemani oleh joki.

Rupanya ada yang lebih menarik jika mencoba berkuda di sebuah stable, sebutan tempat untuk latihan berkuda. Ditempat ini, bukan sekadar menunggang kuda atau ngojeg kuda, melainkan juga berlatih menunggang kuda dengan dibimbing oleh pelatih profesional.

Bahkan, bagi yang sudah bisa menunggang kuda, biasanya stable menawarkan paket tracking yaitu berkuda mengelilingi perkampungan di sekitar stable, menarik bukan?

Stable-stable pun sudah banyak tersedia di daerah-daerah Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatra, dan Kalimantan.

Khususnya diwaktu liburan, beberapa stable pun biasanya menawarkan paket liburan.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu stable di Klaten, Jawa Tengah. Aditya Kurniawan seorang Milenial pemilik stable di Klaten ini menawarkan konsep paket liburan Mahir Berkuda dalam satu pekan dengan harga khusus, hampir setengah dari harga normal.

“Untuk menunjang liburan yang bermanfaat bagi anak sekolah, pondok, kuliahan, dan bagi keluarga yang ingin merasakan liburan yang berbeda,” ungkap Adit saat diwawancarai oleh jurnalislam.com, Rabu (19/12/2018).

Menurut Adit, program berkuda ini dapat diikuti oleh berbagai kalangan dan usia.

Olahraga berkuda dapat menjadi alternatif liburan

Tujuan lain dari kelas berkuda liburan ini untuk membantu para orangtua mengalihkan anak-anaknya dari gadget kepada aktifitas sunnah Rasul yang dimuliakan.

“Begitu besar manfaat berkuda, seperti melatih ketenangan, leadership dan kasih sayang. Pilihan yang sangat bijak jika berkuda menjadi pilihan untuk mengisi liburan,” tandas Adit.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.