Begini Allah Menyifati Orang-Orang Kafir

Begini Allah Menyifati Orang-Orang Kafir

Syahrul Qur’ani, Lc.
Humas STIBA Makassar

JURNIS – Kafir adalah istilah yang umum digunakan siapa saja. Apapun agama dan keyakinannya. Seorang Kristen, Yahudi, Budha atau Hindu misalnya, kafir terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebaliknya, seorang Muslim kafir terhadap siapa saja yang disembah selain Allah.

Adapun menurut sudut pandang Islam, sederhananya orang kafir adalah siapa saja yang tidak mengimani rukun-rukun iman.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman (artinya), “Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.” (QS. Al-Bayyinah: 6).

Al-Qur’an Mengupas Sifat-Sifat Orang Kafir

Di dalam al-Qur’an, Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menyebutkan sifat-sifat orang kafir, diantaranya:

  1. Tuli, bisu, dan buta

Allah Ta’ala berfirman (artinya), “Dan perumpamaan (orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja. Mereka tuli, bisu dan buta, maka (oleh sebab itu) mereka tidak mengerti.” (QS. Al-Baqarah: 171).

  1. Lebih bodoh dari hewan ternak

Firman Allah  (artinya), “Atau apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar atau memahami. Mereka itu tidak lain, hanyalah seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat jalannya (dari binatang ternak itu).” (QS. Al-Furqan: 44).

  1. Makhluk melata yang paling buruk di sisi Allah

Sesungguhnya binatang (makhluk) yang paling buruk di sisi Allah ialah orang-orang yang kafir, karena mereka itu tidak beriman. (QS. Al-Anfal: 55).

  1. Mendustakan Alqur’an

“Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang terang, mereka berkata, “Orang ini tiada lain hanyalah seorang laki-laki yang ingin menghalangi kamu dari apa yang disembah oleh bapak-bapakmu”, dan mereka berkata, “(Al Qur’an) ini tidak lain hanyalah kebohongan yang diada-adakan saja”. Dan orang-orang kafir berkata terhadap kebenaran tatkala kebenaran itu datang kepada mereka, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata”. (QS. Saba’: 43).

  1. Mendapat ancaman keras dari Allah

Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka.”(QS. Yunus: 4).

  1. Kelak di akhirat akan menyesal

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang di antara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (yang sebanyak) itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong.” (QS. Ali Imran: 91).

  1. Tidak akan mendapatkan ampunan Allah

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. Annisa’: 48).

  1. Dipalingkan oleh Allah

“Dan apabila diturunkan satu surat sebagian mereka memandang kepada sebagian yang lain (sambil berkata), “Adakah seorang dari (orang-orang muslimin) yang melihat kamu?” Sesudah itu merekapun pergi. Allah telah memalingkan hati mereka disebabkan mereka adalah kaum yang tidak mengerti.” (QS. Attawbah: 127).

Ayat di atas berkenaan dengan orang-orang munafik, ketika dibacakan ayat-ayat Allah yang mengungkap kebusukan hati mereka, mereka kaget dan heran, tapi anehnya mereka justru berpaling dan pergi. Padahal seharusnya mereka beriman kepada ayat-ayat Allah yang menujukan kebenaran apa yang dibawa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tersebut, oleh karenanya Allah memalingkan hati mereka dari kebenaran.

  1. Dadanya dijadikan sesak dan sempit

“Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.” (QS. Al-An’am: 125).

Hati orang kafir terasa sempit dan sesak ketika disampaikan kepada mereka ajaran-ajaran Islam. Karenanya, merekapun merasakan sempit sesak di dalam menghadapi kehidupan di dunia ini. Sebagaimana firman Allah (artinya),

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”.  (QS. Thaha: 124).

Sesaknya hati orang kafir juga Allah misalkan dengan seseorang yang sedang mendaki langit atau tempat yang tinggi. Semakin tinggi ia mendaki, maka akan semakin sesak karena kadar oksigen yang semakin menipis.

Inilah di antara karakteristik orang-orang kafir yang diberitakan Allah dalam Alqur’an. Selayaknya, seorang muslim setelah mengetahui bagaimana Allah menyifati orang-orang kafir dengan kehinaan dan ancaman, maka ia akan berupaya sedapat mungkin untuk:

  1. Menahan diri dari mengucapkan selamat atas hari-hari keagamaan orang-orang di luar Islam. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman,

وَالَّذِينَ لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ

“Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu.” (QS. Al-Furqan: 72).

Menurut tafsiran para imam tafsir, az-zuur dalam ayat di atas bermakna hari raya orang kafir. Sementara kata yasyhaduna berarti menghadiri atau merayakan, seperti perkataan Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma,

شَهِدْتُ الْعِيْدَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Saya menghadiri (merayakan) hari raya bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR. Bukhari).

  1. Tidak mengikuti pola hidup atau bahkan bangga dapat tampil serupa dengan orang-orang kafir, apalagi turut berpartisipasi dalam ritual keagamaan mereka. Sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda, “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Wallahu al-Hadi ilaa aqwami ath-thariq

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X