Beberapa Menit setelah DK PBB Keluarkan Resolusi, Jet Tempur Assad Membom Ghouta Timur

Beberapa Menit setelah DK PBB Keluarkan Resolusi, Jet Tempur Assad Membom Ghouta Timur

SURIAH (Jurnalislam.com) – The Syrian Observatory for Human Rights mengatakan pesawat tempur menyerang Ghouta timur pada Sabtu malam, beberapa menit setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan sebuah resolusi yang menuntut gencatan senjata 30 hari di Suriah, lansir Al Arabiya Ahad (25/2/2018).

Jet tersebut menyerang kota Shifouniyeh di daerah kantong oposisi dan dua penduduk di pinggiran kota yang terkepung di dekat Damaskus, kata kelompok pemantau yang berbasis di Inggris itu.

Gelombang serangan udara dan penembakan oleh rezim Syiah Suriah dan sekutu-sekutunya telah memukul Ghouta timur sejak Ahad malam, dalam salah satu serangan udara paling sengit selama tujuh tahun, warga, penyelamat dan petugas pemantau mengatakan.

DK PBB Akhirnya Keluarkan Resolusi Gencatan Senjata 30 Hari di Suriah

Dewan Keamanan PBB pada hari Sabtu menuntut gencatan senjata 30 hari di Suriah karena tim penyelamat di wilayah Ghouta di negara itu mengatakan pemboman tidak memberikan waktu cukup lama bagi mereka untuk menghitung mayat akibat salah satu serangan udara paling berdarah selama perang tujuh tahun tersebut.

Dua faksi oposisi utama di Ghouta timur Suriah menyambut baik resolusi tersebut.

Dalam pernyataan terpisah, Jaish al-Islam dan Failaq al-Rahman berjanji untuk melindungi konvoi bantuan yang masuk ke daerah kantong oposisi yang terkepung di dekat Damaskus. Oposisi mengatakan bahwa mereka akan melakukan gencatan senjata, namun akan menanggapi setiap pelanggaran yang dilakukan oleh rezim Syiah Suriah dan sekutu-sekutunya.

Bagikan
Close X