Responsive image
Responsive image
Responsive image

Bambang Widjojanto: KPK Sedang Dihabisi

Bambang Widjojanto: KPK Sedang Dihabisi

SOLO (Jurnalislam.com) – Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menilai saat ini KPK sedang dihabisi. Menuruntya, janji-janji untuk memperkuat KPK justru dilumpuhkan melalui beberapa hal seperti pemilihan ketua KPK yang integritasnya diragukan.

“Saya merasa saat ini KPK sedang dihabisi. Karena janji-janji untuk memperkuat KPK dilumpuhkan melalui tiga hal,” katanya kepada Jurnalislam.com di Solo, Jumat (15/11/2019).

Pertama, kata Bambang, Revisi Undang-undang KPK tidak menempatkan KPK menjadi semakin kuat.

“Salah satu indikatornya sederhana sekali. Pimpinan KPK sekarang bukan penegak hukum. Pimpinan KPK sekarang tidak jelas siapa pucuknya, komisioner atau Dewan Pengawas. Pimpinan KPK sekarang otoritasnya dikebiri,” paparnya.

Kedua, orang-orang yang dipilih sebagiannya diduga mempunyai integritas yang buruk.

“Menempatkan pimpinan KPK yang tuna integritas itu sebenarnya upaya sadar dan sistematik untuk membuat KPK lumpuh secara permanen,” tegasnya.

Ketiga, kehormatan KPK dihabisi oleh berita-berita hoaks yang terus menerus dipublikasikan. “Dan ini menyebabkan KPK dideligitimasi,” ujar Bambang.

“Itu mengapa saya sebut KPK sedang dihabisi,” katanya.

Kendati demikian, ia merasa harus tetap membangun optimisme dalam membangun KPK kedepan. Sebab menurut dia, kekuatan KPK tidak hanya pada komisioner dan Dewan Pengawasnya.

“Maka kekuatannya sekarang terletak pada temen-temen yang sekarang jadi bagian langsung dari KPK serta civil society yang selama ini dibutuhkan KPK,” paparnya.

“Jadi semangat itu bisa tetap dihidupkan kalau kita mempunyai insan-insan KPK yang integritasnya terus diasah dan keberaniannya terus dikonsolidasi dan mereka benar-benar mandat dan amanatnya secara bertanggungjawab,” pungkas BW.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X