Bahas Perkembangan Global, Baznas-IPB Gelar Islamic Economics Winter Course

Bahas Perkembangan Global, Baznas-IPB Gelar Islamic Economics Winter Course

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan The Islamic Economics Winter Course (IEWC) di Gedung Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB pada 14-19 Oktober 2019.

IEWC membahas isu-isu global terkait perbankan dan keuangan syariah dari aspek ekonomi dan hukum syariah serta isu-isu keuangan inklusif dan sosial syariah.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan, berbagai data yang ada telah menguatkan optimisme terhadap masa depan ekonomi Islam.

Termasuk optimisme terhadap pengelolaan zakat nasional yang cerah. Sehingga sangat penting untuk menyiapkan layanan yang terbaik bagi muzaki dan mustahik.

“Dengan layanan terbaik ini, zakat akan makin tumbuh dengan baik dan memberikan kontribusi bagi perkembangan dunia Islam masa kini,” kata Bambang, Senin (14/10/2019).

Dia menyampaikan bahwa populasi Muslim saat ini ada sekitar 22 persen dari populasi dunia.

Di antara semua agama-agama yang ada di dunia, pertumbuhan pemeluk agama Islam adalah yang terbesar.

Akibat pertumbuhan populasi yang cepat, diperkirakan pada tahun 2050 Muslim sudah menjadi umat yang terbanyak.

Menurutnya, tren perkembangan demografi tersebut tentu berdampak besar pada potensi dan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah termasuk perkembangan zakat.

Sebagai contoh sistem keuangan syariah dunia pada 2017 nilainya hanya 2,438 miliar dolar AS. Tapi pada 2023 diperkirakan akan menjadi sebesar 3,809 miliar dolar AS.

“Bisnis makanan halal yang nilainya hanya 1,303 miliar dolar AS pada tahun 2017, pada tahun 2023 diperkirakan akan menjadi 1,863 miliar dolar AS. Begitu pula dengan wisata perjalanan halal pada 2017 nilainya hanya 177 miliar dolar AS, kelak pada 2023 diperkirakan akan naik menjadi 274 miliar dolar AS,” ujar Bambang saat menyampaikan materi The Role of Zakat in the Contemporary Development of Islamic World di IEWC.

sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X