Assad Klaim Targetkan Gudang Senjata Oposisi, Infografis: Bom Kimia Rezim Hantam Lumbung Gandum

Assad Klaim Targetkan Gudang Senjata Oposisi, Infografis: Bom Kimia Rezim Hantam Lumbung Gandum

KHAN Shaykhun (Jurnalislam.com) – Gambar udara kota Khan Shaykhun yang ditargetkan oleh serangan mematikan gas klorin pada hari Selasa (4/4/2017) menunjukkan bahwa serangan kimia rezim Syiah Assad menargetkan lumbung gandum warga, bertentangan dengan klaim rezim bahwa mereka menghantam gudang senjata oposisi.

Selasa lalu, rezim Nushairiyah Assad meluncurkan serangan senjata kimia di Khan Shaykhun, Idlib, menewaskan sekitar 100 pria, wanita, dan anak-anak dan melukai lebih dari 500 lainnya, memicu kemarahan internasional.

Menurut pengamatan udara eksklusif oleh Anadolu Agency, Sabtu (8/4/2017) lumbung gandum, yang sebagian hancur, terletak hanya 50 meter (164 kaki) dari daerah perumahan padat.

Tak lama setelah serangan itu, Rusia dan rezim Assad mengklaim bahwa mereka tidak meluncurkan serangan senjata kimia tapi menargetkan gudang amunisi oposisi yang berisi senjata kimia.

Menurut gambar Anadolu Agency, lumbung penyimpanan gandum tersebut tidak dikelilingi tembok tinggi namun berada di tempat terbuka dan tampaknya telah rusak beberapa kali.

Tapi ada kendaraan militer, pos-pos pemeriksaan atau segala hal yang berhubungan dengan faksi-faksi perjuangan dapat dilihat di tempat kejadian, menurut badan tersebut.

Satu hari setelah serangan, warga Khan Shaykhun, yang sekarang terlihat seperti kota hantu, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa wilayah yang ditargetkan digunakan untuk menyimpan biji-bijian. Mereka juga mengatakan bahwa mereka tidak pernah melihat satupun anggota oposisi di lokasi tersebut.

Beberapa mantan warga lain kota yang mengungsi ke kamp-kamp pengungsi di sepanjang perbatasan Turki mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa lumbung penyimpanan tersebut juga pernah diserang di masa lalu. Mereka mengatakan bahwa dahulu bahkan ada toko roti yang letaknya berdekatan.

Bagikan
Close X