AS Batalkan Dana Bantuan $200 Juta ke Palestina

AS Batalkan Dana Bantuan $200 Juta ke Palestina

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – AS pada hari Jumat (24/8/2018) membatalkan lebih dari $ 200 juta bantuan bagi Palestina setelah tinjauan yang diprakarsai oleh Presiden Donald Trump.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri mengkonfirmasi langkah itu, mengatakan bahwa dana yang awalnya ditujukan untuk Tepi Barat dan Gaza sebaliknya akan digunakan untuk “proyek-proyek prioritas tinggi di tempat lain.”

“Atas petunjuk Presiden Trump, kami telah melakukan peninjauan bantuan AS kepada Otoritas Palestina dan di Tepi Barat dan Gaza untuk memastikan dana ini dihabiskan sesuai dengan kepentingan nasional AS dan memberikan nilai kepada pembayar pajak AS,” pejabat itu. mengatakan dalam sebuah pernyataan, lansir Anadolu Agency.

Baca juga: Rencana Rahasia AS dan Israel Terkait Yerusalem Bocor, Begini Informasinya

“Sebagai hasil dari tinjauan itu, sesuai arahan Presiden, kami akan mengalihkan lebih dari $ 200 juta dalam Dana Pendukung Ekonomi FY2017 yang semula direncanakan untuk program di Tepi Barat dan Gaza,” pejabat itu menambahkan, mengacu pada tahun fiskal 2017.

Pernyataan singkat tiga paragraf itu tidak menyebutkan secara tepat berapa banyak dana yang akan dipotong, hanya memberikan perkiraan kasar lebih dari $200 juta.

Baca juga: Presiden AS Terancam Digulingkan, Ini Kata Donald Trump

Trump telah memicu kemarahan global atas keputusannya untuk secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel Desember lalu. Langkah itu meruntuhkan fondasi perdamaian Israel-Palestina yang sudah lama berdiri di mana status kota itu akan ditentukan sebagai masalah status akhir.

Palestina mengabaikan ajakan administrasi Trump untuk kembali ke meja perundingan, dengan alasan Washington menyerahkan statusnya sebagai mediator netral dengan membuat deklarasi tersebut.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X