Anwar Abbas: Buya Yunahar Adalah Ulama yang Rendah Hati

Anwar Abbas: Buya Yunahar Adalah Ulama yang Rendah Hati

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas, mengenang kedekatannya dengan sosok Buya Yunahar Ilyas. Buya Anwar menuturkan, Buya Yunahar adalah ulama yang rendah hati.

“Beliau adalah seorang ulama yang berpengetahuan luas sehingga beliau sering dipanggil oleh teman-teman dan murid serta jamaahnya dengan ‘buya’,” katanya, Jumat (3/1/2020).

Selain itu, ceramah-ceramah Buya Yunahar selalu menarik karena di setiap tausiahnya ada saja sesuatu yang baru, menggelitik hati, dan pikiran jamaah yang dia selipkan. Dengan begitu, setiap pengajian yang dihadiri selalu hidup dan ramai jamaahnya.

“Bidang keahlian beliau (Yunahar) yang menonjol adalah dalam ilmu tafsir yaitu suatu cabang keilmuan dalam Islam yang sangat sarat dengan perbedaan pendapat,” ujarnya.

Menurut Anwar, ini tampaknya juga telah membentuk sikap dan cara pandang Buya Yunahar. Dengan begitu, dalam hidup bermasyarakat dan berorganisasi yang terkadang sangat tinggi dinamika dan perbedaan pendapat yang dihadapi, Yunahar tampak tidak mengalami banyak kesulitan karena sudah terbiasa menghadapi perbedaan pendapat dan melihat suatu masalah dari berbagai perspektif.

“Beliau oleh teman-teman di PP Muhammadiyah dipercaya dalam dua periode kepemimpinan ini untuk membidangi masalah tarjih dan dakwah, dua bidang yang memang sangat beliau kuasai,” ucapnya.

Sementara di Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Yunahar juga pernah menjadi ketua yang membidangi masalah pengkajian dalam periode 2010-2015.

“Terakhir, dalam Munas MUI Tahun 2015 di Surabaya ditunjuk oleh Munas (Musyawarah Nasional) menjadi salah seorang wakil ketua umum MUI mendampingi KH Maruf Amin sebagai ketua umum MUI untuk periode 2015-2020,” katanya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X