Antusiasme Warga Ikuti Kajian Jejak Kepemimpinan Islam di Tanah Banten

Antusiasme Warga Ikuti Kajian Jejak Kepemimpinan Islam di Tanah Banten

SERANG (Jurnalislam.com) – Yayasan Nusa Karya Insani, Ta’Iim Cloud dan Pemuda Hijrah Serang menggelar Seminar Politik Islam Seminar Politik Islam bertema ‘Jejak Kepemimpinan Islam di Tanah Banten’, Sabtu (29/2/2020) di Aula Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Cikulur Kota Serang Banten.

Pantauan Jurnalislam.com, warga begitu antusias mengikuti acara ini. Tampak hadir berbagai elemen muslim Banten seperti santri, pimpinan pondok pesantren, hingga masyarakat umum.

Ketua Panitia Rulian Haryadi mengatakan bahwa seminar ini digelar karena melihat masih minimnya pembahasan tentang kepemimpinan Islam terutama di wilayah Banten.

Dalam sambutannya KH.Sulaiman Effendi selaku Ketua Presidium FSPP Banten mengatakan bahwa Banten ini memiliki perjalanan sejarah yang unik, namun masih sedikit sekali kita temukan literasi yang membahas kepemimpinan Islam di tanah Banten.

Hadir sebagai pembicara Indra Martian Ph.D (pengamat politik Indonesia), Sejarawan Dr Tiar Anwar Bachtiar dan Dr.Fadlullah S.Ag.Msi (Sekjen FSPP Banten).

“Banyak sejarah sejarah dalam Kepemimpinan Islam di Banten yang belum terkuak, karena masih minimnya sumber sumber literasi yang ditulis,” kata Dr. Tiar Anwar Bachtiar.

Indra Martian Ph.D dalam seminar tersebut mengatakan bahwa kepemimpinan/kerajaan Islam di Banten adalah salah satu bukti sejarah bahwa dulu ada kerajaan yang bercorak Islam walau belum seluruhnya menerapkan syariat Islam.

Sedangkan Dr.Fadlullah S.Ag.Msi selaku sekjen FSPP Banten dalam pemaparannya menjelaskan bahwa Sultan Haji yang dalam sejarah dikatakan memberontak kepada Sultan Ageng Tirtayasa adalah sosok yang dalam sehari hari nya adalah yang sering mengajak untuk menerapkan syariat Islam.

“Alhamdulillah ,acara acara seperti ini (seminar politik) harus menjadi rutinitas karena memandaikan dan memahamkan tentang sejarah kepemimpinan Islam di Banten”Ungkap peserta seminar Ust.KH.Enting Abdul Karim yang juga salah satu pimpinan PonPes di kota Serang.

Reporter: Jajat dan Dian

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X