Anies Kenang Sosok Bachtiar Effendy Sebagai Pejuang Politik Islam

Anies Kenang Sosok Bachtiar Effendy Sebagai Pejuang Politik Islam

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa almarhum Prof. Bachtiar Effendy adalah tokoh yang berintegritas tinggi. Hal itu disampaikannya saat menghadiri peluncuran buku biografi Prof. Bachtiar Effendy.

Dalam peluncuran buku berjudul ‘Mengenang Sang Guru Politik Prof. Bachtiar Effendy’ yang diselenggarakan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (10/2), Anies bercerita tentang awal mula perkenalannya dengan Prof. Bachtiar Effendy.

“Kita semua merasakan betapa besar kontribusi mas Bachtiar Effendy selama hidupnya dengan tulisan dan pikiran beliau, khususnya terkait dengan dunia politik dan perjuangan umat Islam,” katanya.

Menurut Anies, tidak banyak tokoh seperti Prof. Bachtiar Effendy, yang merupakan seorang lulusan pesantren, lalu mengabdikan diri untuk negeri melalui beberapa sumbangsih pemikiran-pemikirannya.

Pemenang dalam Pilkada 2017 lalu itu mengapresiasi penulisan biografi tokoh agama maupun bangsa yang memiliki integritas tinggi, seperti Prof. Bachtiar Effendy dan semisalnya.

“Saya mengapresiasi tradisi untuk menulis pikiran, pengalaman tentang seorang pribadi yang sudah wafat, sehingga pengalaman dari atau interaksi pikiran dari yang sudah berpulang ini sepanjang usianya bisa tersalurkan kepada banyak orang,” ujar Anies.

Anies menambahkan, yang menarik dari seorang Prof. Bachtiar adalah kejeliannya melihat transisi demokrasi, melihat bagaimana institusi demokrasi tumbuh berkembang, partai politik tumbuh berkembang, dan bagaimana itu bisa diintegrasikan dengan aspirasi umat Islam.

“Bila tidak diwujudkan dalam bentuk tulisan maka yang tahu hanya yang baca,” katanya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X