Angkatan Muda Muhammadiyah Minta Pemkot Surabaya Batalkan Pelegalan Minhol

SURABAYA (Jurnalislam.com) – Pemuda Muhammadiyah Daerah Surabaya yang mewakili dari Angkatan Muhammadiyah Surabaya mendatangi kantor DPRD kota Surabaya untuk menyerahkan surat penolakan atas disahkannya Raperda Minuman Beralkohol (Minhol) oleh Pansus DPRD Surabaya. Surat penolakan itu sudah diserahkan kepada Pansus Raperda Minhol pada Kamis (4/2/2016).

"Aksi penolakan ini bertujuan agar Raperda Minhol yang disahkan oleh Pansus DPRD Surabaya segera dicabut kembali sebelum digodok (disahkan) pada hari jumat besok, " terang Rahmad Zulkarnaen, Ketua Pemuda Muhammadiyah Daerah Surabaya kepada Jurnalislam.

Rahmad menilai dilegalkannya penjualan minhol golongan A di hypermarket dan pasar modern akan berdampak buruk bagi masyarakat terutama remaja dan anak-anak.

"Legalnya penjualan minhol golongan A di supermarket dan hypermarket sangat berbahaya bagi pengunjung anak-anak, takutnya mereka berasumsi bahwa minuman itu diperbolehkan atau legal untuk dikondumsi karena dijual secara bebas dan umum. Padahal minhol di agama Islam haram hukumnya walaupun diminum setetes," jelas Rahmad.

Aksi tersebut mendapatkan respon dari DPRD dari fraksi PAN bapak M Arsyad dan ketua DPRD Surabaya, Armuji. Mereka menolak disahkannya Raperda Minhol golongan A maupun bir.

Pemuda Muhammadiyah berharap agar Raperda Minhol yang disahkan ditarik kembali sehingga Minhol tidak dijual secara bebas. Saat ini Pemuda Muhamadiyah juga mengaku belum mendapatkan draf Raperda Minhol secara detil dari Pansus DPRD Surabaya, meskipun telah mintanya.

Reporter : Ma'sum | Editor: Ally | Jurnalislam

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.